Sembilan Tips Mudah Tingkatkan Sistem Imun

Ilustrasi sistem kekebalan tubuh yang buruk
Sumber :
  • Pixabay/ Mojpe

VIVA.co.id – Pergantian musim yang tak bisa diprediksi hingga perubahan suhu yang berpengaruh pada daya tahan tubuh, membuat banyak orang mudah terserang penyakit.

Studi: Bawang Putih Australia Bisa Membunuh COVID-19 dan Flu, Diklaim Manjur 99 Persen

Apalagi bagi Anda para pekerja yang harus bekerja dalam ruangan dan berdekatan dengan rekan kerja yang sakit. Anda harus menghirup udara yang terkontaminasi, ditambah dengan stres, serta pola makan berantakan, sistem imun Anda pun akan terancam.

Untuk itu, agar tubuh Anda tetap bugar meski musim flu datang, berikut sembilan cara untuk meningkatkan sistem imun Anda seperti dikutip dari laman MyHDiet.

78 Kali Positif COVID-19, Pria Turki Dikarantina Selama Setahun

1. Cuci tangan

Kebanyakan flu dimulai saat kita menularkan diri dengan mengusap mata atau hidung dengan tangan yang terkontaminasi, khususnya saat musim flu.

Suplemen Multivitamin untuk Daya Tahan Tubuh, Ini Saran Dokter

2. Bernapas lewat hidung

Rambut halus dalam saluran napas Anda berfungsi untuk menyaring udara, sedangkan bernapas lewat mulut tidak akan menyaring udara yang masuk.

3. Perbanyak minum

Dehidrasi dapat memengaruhi sistem imun. Minumlah air sulingan, jus sayuran, dan makanan mentah untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Hindari minuman berkafein.

4. Minum vitamin D

Jika Anda banyak bekerja di dalam ruangan dan kurang terpapar sinar Matahari, butuh tambahan vitamin D untuk melindungi daya tahan tubuh.

5. Kurangi gula

Penggunaan gula alami yang berlebihan pun dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Jadi, hindari makanan ringan yang manis dan jus buah.

6. Konsumsi makanan berfermentasi

Tingkatkan kerja flora baik dalam sistem pencernaan Anda dengan makanan berfermentasi selama musim flu. Karena, upaya itu dapat membantu tubuh berfungsi dengan baik untuk meningkatkan daya tahan.

7. Kurangi stres

Selama musim flu atau kapan pun, stres dapat melemahkan daya tahan tubuh dan mengganggu fungsi pencernaan Anda. Beristirahatlah dari pekerjaan, berjalan-jalan di bawah sinar Matahari, atau kegiatan apa pun untuk mengurangi stres.

8. Tidur cukup

Enam hingga delapan jam tidur berkualitas dapat membuat perbaikan sel lebih optimal dan meningkatkan kerja daya tahan tubuh.

9. Olahraga

Olahraga membantu mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, memperlancar aliran darah, dan mengurangi racun tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya