Ketumbar Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini Dia Resepnya

Ilustrasi Ketumbar
Ilustrasi Ketumbar
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA – Ketumbar adalah salah satu jenis rempah yang biasanya digunakan dalam berbagai masakan, seperti sup, kari, dan lain-lain. Selain membuat masakan menjadi lezat, ketumbar juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya, ketumbar dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Sistem imun tubuh merupakan faktor penting yang menjaga tubuh agar tak mudah terserang penyakit, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Hal itu bisa ditingkatkan jika Anda rutin mengonsumsi ketumbar.

Hal ini tak terlepas dari kandungan antioksidan di dalamnya yang berperan dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, antioksidan di dalam biji ketumbar juga telah terbukti dalam melawan peradangan akibat infeksi penyakit tertentu dalam tubuh.

Ilustrasi Biji ketumbar
Photo :
  • U-Report

Ilustrasi Biji ketumbar

"Minyak asiri dan asam lemak ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh Sebagai anti radang mengatasi pegal-pegal," kata Ahli herbal dr.Muthoharoh,M.Si dalam program Hidup Sehat TvOne, Senin 22 November 2021.

Untuk mendapatkan manfaat ketumbar untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Muthe menyebut ketumbar bisa dikonsumsi bersama dengan jahe. Caranya haluskan 1 sdm ketumbar. Ketumbar ini perlu dihaluskan lantaran kata Muthe agar zat aktif yakni minyak asirin bisa keluar.

Untuk bahan yang diperlukan antara lain sebagai berikut: