Tips Pangkas Bobot Tubuh 5 Kilogram dalam Sebulan

Orang yang mengalami kegemukan atau obesitas.
Sumber :
  • Pixabay/ cocoparisienne

VIVA.co.id – Memiliki berat badan yang tidak ideal tentu mengurangi rasa percaya diri. Terlebih berat badan yang berlebihan juga berpotensi pada timbulnya berbagai penyakit.

Nanie Darham Meninggal Diduga Malpraktik Sedot Lemak, Ketahui 6 Efek Bahaya Prosedur Ini

Saat ini banyak orang mengalami obesitas dengan persentase yang terus meningkat. Ini diperkuat dengan pola serba serba instan sehingga mempengaruhi gaya hidup mereka.

Bagi pemilik bobot tubuh berlebih ternyata bisa memangkas bobot tubuh hingga 5 kilogram hanya dalam waktu sebulan. Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat, sehat dan sederhana.

5 Kasus Obesitas Paling Ekstrem di Dunia, Arya Permana Masuk dalam Daftar

Menurut Mayo Clinic, cara utama untuk menurunkan berat badan adalah dengan membakar kalori 3500 dalam seminggu. Sehingga dalam sehari Anda diwajibkan mengurangi kalori sekitar 500 dari menu diet Anda.

"Karena 3500 kalori setara dengan sekitar 0,45 kilogram lemak, Anda perlu membakar 3500 kalori atau lebih dari yang Anda ambil dalam kehilangan 0,45 kilogram. Jadi, secara umum, Anda harus mengurangi 500 kalori dari makanan Anda setiap hari, maka Anda akan kehilangan sekitar 3500 kalori selama seminggu (500 kalori x 7 hari = 3500 kalori)," ujar Ahli Gizi dari Mayo Clinic seperti yang dilansir Hollywood Life.

Pil KB Picu Kegemukan Hingga Kanker, Ini Kata Dokter

Kebanyakan wanita dalam pola dietnya membutuhkan 2000 kalori per hari. Nah, bagi Anda yang mencoba untuk menurunkan berat badan, usahakan turunkan angkanya tersebut menjadi 1300 atau bahkan 1500 untuk hasil yang lebih cepat. Disarankan jangan melewati angka di bawah 1200 kalori per hari karena akan membuat metabolisme Anda akan melambat dan Anda tidak memiliki cukup nutrisi.

Amanda K. Foti dari EatFitLive.com, selaku ahli diet, mengatakan bahwa cara menurunkan berat badan dengan cepat cara yang aman adalah dengan melakukan pengecekan ukuran porsi yang akan dimakan dan memerhatikan menu makan dalam 3 kali sehari.

"Anda harus tetap makan 3 kali sehari yang terdiri dari protein, buah atau sayuran. Buatlah menu sarapan Anda menjadi makanan sehat, seperti bayam, tomat. Untuk menu makan siang Anda bisa  mengonsumsi ayam panggang, kacang polong dan untuk makan malam bisa mengonsumsi salmon panggang," ucap Amanda.

Agar hasil makaimal, Anda juga dapat mengonsumsi makanan ringan yang mengandung cukup protein dan serat. Serta melakukan latihan fisik, minum air putih yang cukup dan hindari mengonsumsi gula berlebih dan alkohol.

Ini tidak hanya menurunkan berat badan tapi juga mendorong komitmen Anda untuk hidup sehat.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya