5 Kasus Obesitas Paling Ekstrem di Dunia, Arya Permana Masuk dalam Daftar

Penampilan Arya Permana anak asal Karawang dulu dan kini
Sumber :
  • Instagram@dedimulyadi71

JAKARTA – Menjadi gemuk pada usia berapa pun memberikan tantangan yang berat tetapi pasti sangat sulit bagi anak-anak. Dan itu tidak diragukan lagi terjadi pada anak-anak yang seharusnya terlihat menggemaskan namun harus berhadapan dengan obesitas ekstrem.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Sementara teman sebaya mereka bermain di taman bermain atau di lapangan olahraga, anak laki-laki dan perempuan yang tidak terlalu kecil ini tidak dapat mandi lantaran kegemukan. Bahkan, kasus obesitas pada seorang anak muda butuh dirawat di rumah psikiater untuk mengontrol makan mereka.

Berikut 5 kasus obesitas paling ekstrem di dunia, dikutip laman Daily Star, Selasa 25 Juli 2023. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Arya Permana
Arya Permana, bocah asal Indonesia yang viral di internet ketika dia baru berusia 11 tahun, setelah foto-foto yang menarik perhatian menunjukkan dia memiliki berat 192 kilogram. Anak laki-laki asal Jawa Barat ini dijuluki sebagai anak paling gemuk di dunia dan dia harus dimandikan di kolam yang dibuat khusus karena dia terlalu besar untuk mandi di tempat biasa.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dia melahap 7.000 kalori sehari dengan bantuan junk food dan minuman bersoda dalam jumlah yang tidak masuk akal. Tetapi dilarikan ke rumah sakit mengubah jalan hidupnya setelah seorang binaragawan yang mengelola pusat kebugaran terdekat menawarkan bantuan.

Bocah itu bermimpi bermain sepakbola lagi dan pelatih barunya, Ade Rai, membantunya mencapai tujuannya dengan membelikannya jersey Liverpool, tim favoritnya. Tiga tahun kemudian, dengan bantuan olahraga, diet, dan bypass lambung, Aria mengubah hidupnya dengan kehilangan puluhan kg. Beratnya menjadi 87 kg dan dia akhirnya bisa menendang bola lagi bersama teman-temannya.

Andres Moreno
Andres Moreno dicap besar sejak lahir dengan berat 450 kilogram. Singkatnya, itu lebih dari apa yang biasanya ditimbang oleh juara kelas berat Tyson Fury dan Francic Ngannou, yang akan bertarung.

Andres berhasil melewati masa kecilnya dan bahkan menjadi polisi setelah berusia 20 tahun, tetapi ukuran tubuhnya akhirnya membuatnya tidak bisa tidur. Pria besar itu bak menggelembung dan dianggap sebagai pria paling gemuk di dunia. Andres pada bulan Desember 2015 menjalani bypass perut, akhirnya dia dapat berdiri dan berjalan sendiri.

Idolanya Cristiano Ronaldo bahkan mengiriminya kaos bertanda tangan tetapi dia secara tragis pada Hari Natal meninggal setelah menenggak enam minuman berenergi sehari sebelum mengambil napas terakhirnya. Dia berusia 38 tahun ketika dia lulus dan sayangnya tidak pernah bisa mengendalikan berat badannya sejak dia masih kecil.

Andres Moreno.

Photo :
  • Mirror.co.uk

Catrina Raiford
Catrina Raiford, yang berasal dari Florida, dikenal sebagai wanita paling gemuk di dunia – tetapi obesitas juga merusak masa kecilnya. Dia menjadi kecanduan makanan pada usia sembilan tahun dan dia mengatakan itu membantunya menghadapi kehidupan.

"Saya kecanduan makanan yang diisi sendiri dengan permen, ditambah kue berkalori tinggi seperti donat dan kue cokelat," kata dia.

Kemudian, pada usia 14, Catrina berbobot 433 kilogram, kewalahan dan dikirim ke rumah psikiater untuk mengontrol sering makan. Dia tinggal di sana selama delapan bulan – tetapi terapi tidak membantu dan dia kembali ke sekolah tempat perundungan berlanjut.

Pada saat dia berusia 21 tahun dan segera menjadi benar-benar tidak bisa tidur. Sepupunya membantu memandikannya dan dia menggambarkan bagaimana dia ingin mati setiap hari.

Tetapi pada Juni 2009 dia menjalani bypass lambung dan pada 2017 dia berusia 20 tahun. Catrina yang sehat sekarang berusia 47 tahun dan berharap dapat mengumpulkan cukup uang sehingga dia dapat menjalani operasi pengangkatan kulit untuk menjadi lebih langsing.

Juan Pedro Franco
Juan Pedro Franco bukan anak berukuran rata-rata dengan beratnya 63 kg saat berusia enam tahun. Sebagai seorang remaja dia 165 kg dan kemudian sebagai orang dewasa dengan dinobatkan sebagai Manusia Terberat di Dunia di Guinness World Records, dengan timbangan yang mengejutkan 590 kg.

Meski berusia 32 tahun, ia masih kekanak-kanakan dan harus memakai popok dan dibutuhkan delapan orang untuk memindahkannya. Juan entah bagaimana kehilangan hampir 27 batu untuk memungkinkan dia menjalani operasi pita lambung. Dia kemudian kehilangan total 330 kg.

"Hanya bisa mengangkat tangan dan bangun setiap hari, bangun untuk minum segelas air atau pergi ke toilet, membuat Anda merasa hebat. Rasanya luar biasa bisa bergerak lebih banyak dan lebih mandiri," kata dia saat berusia 39 tahun

Dzhambulat Khatokhov
Dzhambulat Khatokhov terkenal sejak usia dini ketika masih balita ia dipuji sebagai anak terkuat dan terberat di planet ini. Dia mematahkan lima kereta bayi saat masih bayi sebelum roda yang diperkuat harus dipasang untuk mengangkutnya.

Anak muda asal Rusia itu kemudian menjadi petarung begitu dia bisa berjalan dan dia muncul di film dokumenter, tetapi orang sering mengungkapkan kekhawatiran tentang berat badannya. Dia berusia 15 tahun 6 bulan dan tiga tahun kemudian beratnya lebih dari empat kali jika teman sekelasnya disatukan, dengan timbangan di urutan ke-23.

Dzhambulat dijuluki Gladiator oleh teman sekolahnya. Ibunya juga kerap membela diri dari kritik dari luar.

"Dia hanya tumbuh ke atas dan ke luar. Apa yang bisa saya lakukan? Inilah dia, begitulah cara Tuhan menciptakannya," bebernya.

Dokter asal Inggris Ian Campbell memperingatkan bahwa berat badannya berarti dia memiliki risiko diabetes, kanker, dan penyakit jantung yang sangat tinggi. Akibat begitu berat dan sangat muda, harapan hidupnya kemungkinan akan sangat berkurang.

Namun, ibunya mengklaim bahwa dia telah membawa putranya ke dokter Moskow yang menemukan tidak ada masalah medis yang menyebabkan kelebihan berat badan dan dia sehat.

Tragisnya, tiga tahun lalu, pegulat sumo itu meninggal dunia di usia 21 tahun. Penyebab kematiannya belum dikonfirmasi pada saat itu tetapi dilaporkan bahwa ia menderita masalah ginjal akut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya