Sejumlah Bahan Alami Tak Biasa untuk Putihkan Gigi

Gigi putih.
Sumber :
  • Pixabay/ Kjerstin_Michaela

VIVA.co.id – Menunjukkan senyum dengan deretan gigi yang putih menjadi harapan banyak orang. Tak heran jika perawatan memutihkan gigi begitu populer dan digemari.

Gigi Kuning Bikin Gak Pede, Begini Cara Memutihkannya

Tapi, daripada menjalani perawatan kimiawi demi mendapatkan gigi cemerlang, kenapa tidak mencoba cara alternatif yang diklaim bisa memutihkan gigi, dan semua bahannya dapat diambil dari dapur Anda.

Salah satunya adalah kunyit, rempah berwarna terang ini dipuji sebagai bahan pemutih gigi alami, begitu juga dengan manfaat sehat lainnya. Dikutip dari Daily Mail, meskipun kunyit bisa meninggalkan noda menjengkelkan di pakaian Anda, tapi kunyit adalah pilihan favorit para blogger kecantikan sebagai pemutih gigi.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Salah satu blogger ternama dengan nama Mommypotamus menyarankan untuk menggunakan sedikit kunyit pada sikat gigi basah dan biarkan pasta kuning itu di gigi Anda selama 3-5 menit sebelum menggosoknya lagi dengan pasta gigi biasa. Dia bahkan meyakinkan hasilnya bisa langsung terlihat dalam beberapa hari saja.

"Jika Anda melakukannya secara konsisten selama beberapa hari hingga satu minggu, saya rasa Anda akan terkejut dengan perbedaan yang terlihat," tulisnya.

Gosok Kulit Pisang pada Gigi Selama 2 Minggu, Hasilnya Mengejutkan

Ilustrasi bumbu dapur atau kunyit dan jahe.

Bahan alami menyehatkan lain yang dikatakan mampu memutihkan gigi adalah arang. Seorang ahli nutrisi asal Australia, Steph Lowe mengatakan, arang memberikan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa.

"Seringkali ini digunakan untuk memperbaiki fungsi pencernaan dan menurunkan produksi gas, tapi juga memiliki kandungan luar biasa untuk memutihkan gigi," kata Lowe.

Dia melanjutkan, arang bekerja dengan mengikat noda di permukaan gigi yang menyebabkan gigi menguning seperti kopi atau wine, kemudian menghilangkan plak dengan satu aplikasi. Lowe bahkan memprediksi akan ada banyak produk pemutih gigi dari bahan arang yang akan dikeluarkan pada tahun ini.

Sementara itu, Presiden American Society for Dental Aesthetic, Dr. Irwin Smigel mengatakan, asam malat yang terkandung dalam stroberi dapat secara alami menghilangkan perubahan warna di permukaan gigi.

Selain itu, bahan alami kontroversial lain yang disebut dapat menghasilkan gigi putih adalah diatomaceous earth atau disebut juga dengan bubuk silica. Bahan ini juga bisa dipakai untuk membuat pasta gigi sendiri.

Meskipun penggunaan bahan alami bisa berhasil pada beberapa orang, tapi ahli gigi dan estetis, Dr. Angelo Lazaris memperingatkan agar berhati-hati ketika menggunakan campuran bahan yang cukup abrasif.

"Bubuk kalsium karbonat dan baking soda, begitu juga bubuk silica adalah bahan yang sangat abrasif, jadi sudah pasti gigi akan lebih putih karena berbagai noda ekstrinsik pasti akan hilang, dan begitu juga enamel," kata Dr. Angelo.

Ia pun sangat berhati-hati dalam memberikan rekomendasi bahan yang abrasif, karena enamel tidak bisa beregenerasi. Jadi, sekali enamel sudah hilang, dia akan hilang selamanya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya