Kurang Kasih Sayang Picu Baby Blues Usai Melahirkan

Wanita hamil.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Menjalani masa kehamilan hingga melahirkan, ialah saat paling bahagia sekaligus paling mendebarkan bagi calon ibu. Terlebih pada kehamilan pertama.

Pembunuh Wanita Hamil di Ruko Kelapa Gading Ditangkap

Proses mengandung selama sembilan bulan, hingga proses kelahiran yang berisiko kehilangan nyawa, membuat ibu yang tengah mengandung butuh perhatian dan kasih sayang ekstra. Terutama dari suami dan orang tercinta.

Seorang ibu hamil yang kurang kasih sayang, menurut Bona Sardo Hutahaean,M.Psi, Psikolog dari Universitas Indonesia, justru bisa mengalami depresi, yang juga berpengaruh kepada tingkat pertumbuhan bayi.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

"Kalau wanita hamil ada efeknya ketika melahirkan kemungkinan munculnya post depresion atau biasa dikenal dengan baby blues," kata Bona saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Jakarta Pusat, Kamis 12 Januari 2017.

Ketika tidak mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang cukup selain mengalami depresi, seorang ibu juga akan memiliki ketakutan untuk mengurus anak sendiri.

Wanita Tewas Bersimbah Darah di Ruko, Karyawan: Korban Tinggal Bersama Pacarnya

"Ketika tidak dapatkan (kasih sayang) dia akan menjadi ketakutan dan enggan mengurus anaknya atau dalam tanda kutip membuang anaknya, jadi sangat penting sekali untuk ibu hamil apalagi ketika mau melahirkan," ujarnya menjelaskan.

(mus)

Pelaku kasus pembunuhan perempuan hamil di ruko Kelapa Gading, Agustami diketahui merampas ponsel korban sebelum kabur ke Lampung.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Hubungan antara korban dan pelaku adalah pasangan kekasih. Kondisi korban lagi hamil dan sudah jalin hubungan dengan pelaku selama tiga tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024