Jangan Konsumsi Makanan Jenis Ini dalam Kondisi Mentah

Ilustrasi taoge.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA.co.id – Konsumsi daging mentah, berisiko terinfeksi bakteri serta penyakit berbahaya untuk lambung. Namun, ternyata banyak makanan selain daging yang juga berdampak buruk jika dikonsumsi dalam kondisi mentah.

Inilah Manfaat Diet Makanan Mentah bagi Kesehatan

Banyak yang beranggapan bahwa makanan selain daging yang dikonsumsi secara mentah, aman untuk tubuh. Nyatanya tidak. Kenali jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi mentah, dikutip dari laman Prevention.

1. Kentang

Pabrik Cemilan di Lumajang Digerebek, Diduga Gunakan Telur Busuk

Kentang yang dikonsumsi dalam kondisi belum matang, akan mengakibatkan dampak buruk pada sistem pencernaan, gas dan kembung. Terlebih, jauhi kentang muda yang mengandung konsentrasi tinggi akan zat solanine, racun yang dapat sebabkan sakit kepala.

2. Kecambah

Pecinta Raw Food Wajib Tahu, Kerang Mentah Mengandung Cacing

Saat masih dalam keadaan mentah, kecambah mengandung bakteri berbahaya seperti salmonela, e Coli dan listeria. Sehingga, disarankan untuk mencucinya terlebih dahulu dan tidak memakannya secara mentah.

3. Kacang merah

Jika dikonsumsi secara matang, akan memberikan manfaat besar mencakup diet yang tepat serta harga yang ekonomis. Namun, saat dikonsumsi dalam keadaan mentah, bisa menyebabkan mual, muntah serta diare karena kandungan lectin phytohaemagglutinin.

4. Madu

Banyak madu mentah yang dicari karena rasanya yang manis alami. Namun, jangan berikan pada anak-anak. Sebab, madu yang belum matang mengandung grayanotoxin, yang berdampak pada hipotensi dan kelelahan.

5. Susu

Susu yang belum dipasteurisasi, dapat mengandung bakteri berbahaya seperti salmonela, e coli dan listeria. Sehingga, jika dikonsumsi oleh anak-anak, dapat mengakibatkan sakit.

6. Beberapa sayuran mentah

Sayur mentah seperti kembang kol, brokoli, dan lobak, mengandung gula yang sangat tinggi. Hal ini, untuk sebagian orang, akan mempersulit sistem pencernaan untuk mampu mengolahnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya