Kurang Tidur Tingkatkan Hormon Lapar

Ilustrasi bermimpi buruk.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id – Generasi milenial dikenal sebagai generasi yang kurang tidur. Padahal, waktu tidur yang sedikit, dapat memberi dampak buruk pada kesehatan tubuh.

Perjuangan Devano Danendra Bintangi Film Malam Pencabut Nyawa, Sampai Lakukan Hal Ini

Banyak orang memahami bahwa kurang tidur dapat berpengaruh buruk pada energi dan motivasi kerja. Tidak hanya itu, kekurangan waktu tidur dapat memberi dampak yang lebih berbahaya bagi tubuh. Berikut lima bahaya kesehatan saat tubuh kekurangan waktu tidur, dikutip dari laman Medical daily.

1. Penyakit kronis

Kurang Tidur Saat Puasa, Bisa Picu Kenaikan Kadar Kolesterol, Kok Bisa?

Saat tubuh sudah terlalu sering mengalami waktu tidur yang terus menerus berkurang, tidak menutup kemungkinan adanya bahaya penyakit kronis yang mengintai. Kekurangan tidur dikaitkan dengan tingginya risiko diabetes tipe dua, penyakit kardiovaskular, obesitas, dan depresi.

2. Hormon lapar

Begadang Bisa Sebabkan Hipertensi, Ini Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Kurang tidur berhubungan dengan meningkatnya nafsu makan, di mana hal ini biasanya dipicu dengan rasa lapar yang terasa terus menerus. Dengan demikian, hormon rasa lapar ini juga menjadi andil dalam penyebab obesitas.

3. Kinerja kognitif

Penurunan kinerja kognitif secara signifikan, berkaitan dengan kurangnya jam tidur di malam hari. Biasanya, jam tidur yang kurang, berdampak pada memori jangka pendek dan panjang, sulit fokus, tidak mampu membuat keputusan cepat dan tepat, serta sulit mengerjakan tugas hitung-hitungan.

4. Imunitas

Imunitas akan menurun seiring berkurangnya waktu tidur. Kemampuan tubuh akan sulit melawan bakteri, saat waktu tidur berkurang. Sebab, tubuh akan kebingungan dalam mengatur sistem perlindungannya, akibat waktu tidur yang menurun.

5. Penampilan

Mendapatkan waktu tidur yang cukup, membuat Anda bisa tampil semakin atraktif. Sehingga, waktu tidur yang berkurang, membuat penampilan anda tampak kurang menarik dan selalu terlihat lelah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya