Alasan, Kenapa Mandi Menyehatkan dan Menyegarkan

Mandi air dingin bisa tingkatkan sirkulasi darah.
Sumber :
  • Pixabay/Olichel

VIVA.co.id – Mandi tiap pagi dan sore hari, merupakan aktivitas yang wajib dilakukan, karena bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain bisa membersihkan kotoran yang menempel di tubuh usai beraktivitas, mandi juga memberikan sensasi kesegaran dan membuat tubuh lebih relaks.

Waktu Mandi yang Baik Menurut Rasulullah

Salah satu psikolog Neil Morris pun menuturkan, mandi bukan sekedar membersihkan tubuh. Manfaat lain dari aktivitas ini, juga mampu mengurangi perasaan pesimis. Mandi juga diyakini membuat tubuh lebih terasa santai menikmati hidup. Sehingga, tidak heran, usai seharian bekerja dan membasuh diri setelahnya, aktivitas mandi memberikan energi berbeda pada tubuh.

Dilansir dari laman Medical Daily, para peneliti juga percaya, mandi mampu meningkatkan mood, menurunkan risiko peradangan, membantu tidur lebih lelap, mengatasi masalah nyeri otot, dan mengatasi depresi.

Beberapa Kesalahan yang Dilakukan Ketika Mandi

Untuk itulah, mandi sangat dianjurkan, karena selain memberikan banyak manfaat kesehatan, mandi, terutama dengan air dingin, juga bisa meningkatkan aliran oksigen pada tubuh.

"Air dingin yang disiramkan pada tubuh, membuat peningkatan oksigen dan detak jantung untuk memproduksi aliran darah pada tubuh. Biasanya, air dingin juga mampu meredakan rasa nyeri di beberapa area tubuh," kata Neil.

Mandi Air Dingin Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Hal tersebut terjadi, karena air dingin membantu menstimulasi lemak cokelat hingga 15 persen. Di mana, fungsi dari lemak cokelat, yaitu untuk membakar kalori tubuh.

Mandi menggunakan air hangat, juga membantu meningkatkan kesehatan tubuh seperti meredakan flu dan masalah sinus, menurunkan cemas, serta mengeluarkan racun melalui keringat. Sebuah studi juga menemukan bahwa paparan air hangat, membantu meredakan nyeri dan meningkatkan perasaan bahagia. (asp)

 Ilustrasi mandi.

Teknik Mandi Ini Bisa Menurunkan Berat Badan

Juga mampu hilangkan selulit membandel.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2018