Teknik Mandi Ini Bisa Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi mandi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ada sebuah teknik mandi yang tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga membantu menghilangkan selulit membandel. Teknik mandi ini disebut dengan mandi kontras.

Kebiasaan Mandi Air Panas Bisa Bikin Kulit Kering, Begini Tips Menjaga Skin Barrier dari Dermatolog

Mandi kontras. artinya Anda mandi menggunakan air hangat dan dingin secara bergantian. Teknik ini mudah, efektif, dan hasilnya memuaskan. Jika Anda senang berolahraga, dalam hal mandi kontras, dikatakan bahwa semakin keras olahraga yang Anda lakukan, semakin efektif mandi kontras yang Anda lakukan.

Bahkan, menurut beberapa studi, orang Roman pernah mempraktikkan teknik ini, jadi ini bukanlah sesuatu yang baru.

5 Hal Ini Jadi Penyebab Kulit Kering, Ketahui Cara Mengatasinya

Dilansir dari laman Times of India, Rabu 17 Januari 2018, konsep dari mandi air dingin dan hangat bersamaan adalah saat Anda mandi air hangat, air hangat ini membuat darah mengalir ke dalam dengan membuka pembuluh darah. Kemudian, dengan mengganti ke air dingin akan mendorong darah ke dalam rasa hangat dan karenanya melindungi organ dalam dari suhu dingin.

Kemudian, ketika Anda mengganti lagi ke air hangat, akan membantu darah mengalir lagi.

Jangan Terlalu Panas, Berikut Suhu Ideal Air Hangat untuk Mandi

Teknik mandi ini dipercaya bisa mengurangi DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness) yang dapat mengurangi jumlah laktat dalam darah dan peradangan. Mandi kontras tidak hanya mampu mendetoksifikasi tubuh, tetapi juga membantu organ Anda bekerja lebih baik. Peregangan dan pembukaan ini juga membantu tubuh menghilangkan racun.

Prinsip dalam melakukan teknik mandi ini adalah 3:1. Mandi air hangat Anda harus tiga kali lebih lama dibandingkan dengan air dingin. Anda bisa mulai dengan suhu berapa pun yang bisa Anda terima, tetapi rasionya harus 3:1.

Misalnya, 90 detik mandi air hangat, dan harus diikuti dengan 30 detik mandi air dingin. Di samping itu, Anda juga harus mengulang siklus ini 2-3 kali dalam setiap guyuran.

Mandi kontra dikatakan bisa membantu meningkatkan metabolisme. Semakin tinggi metabolisme, semakin banyak kalori yang terbakar. Selain itu, mandi ini juga membantu menghilangkan racun dan menormalkan sirkulasi darah. Mandi ini juga menguatkan sistem kardiovaskular dan meredakan rasa lelah.

Tapi perlu diingat bahwa jika Anda ingin mempraktikkan teknik mandi ini, pastikan Anda dalam kondisi kesehatan yang baik. Perbedaan suhu kedua tipe air harus tidak lebih dari 30 derajat.

Harus ada jarak minimal dua jam sebelum Anda tidur dan mandi dengan teknik ini, jika Anda mandi di malam hari. Dan, jangan pernah basahi rambut ketika mandi kontras. Tunggu sedikitnya 30 menit sebelum keluar rumah, jika Anda harus pergi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya