Jangan Terlalu Panas, Berikut Suhu Ideal Air Hangat untuk Mandi

Ilustrasi wanita mandi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Mandir air hangat, tentu saja menjadi kegiatan yang digemari oleh banyak orang. Banyak orang yang memilih untuk mandi dengan air hangat setelah beraktivitas seharian untuk mendapatkan efek rileks. Namun, beberapa orang belum paham, kira-kira berapa suhu ideal air hangat untuk mandi?

Bingung Pilih Skincare Lokal atau Luar? Begini Saran Dokter

Pada saat ditemui awak media di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, dokter Muhammad Berian Rachmanadi (Dokter Umum di RSUD Bekasi), menjelaskan bahwa suhu air yang bermanfaat bagi tubuh ketika mandi air hangat adalah berikisar di 37-38,3 derajat celsius atau di bawah 40 derajat celsius.

"Yang bermanfaat bagi tubuh kita itu, air hangat dengan suhu 37-38,3 atau secara gampangnya di bawah 40 derajat celsius. Itu kalau kita ingin dapat manfaat kesehatannya. Air hangat ya bukan air panas," kata dokter Berian dalam acara Peluncuran Pemanas Air Rheem XWell Series, Senin, 8 Agustus 2022.

Masih Oke di Usia 43 Tahun, Wulan Guritno: Aku Jaga Penampilan Bukan Karena Ingin Cantik

Nah apa jadinya jika mandi air hangat dengan suhu di atas 40 derajat atau terlalu panas? dokter Berian menjelaskan hal itu memungkinkan bisa merusak kulit. Menurut dokter Berian, kulit itu memiliki kelenjar sebasea atau kelenjar minyak, yang berfungsi menjadi pelembab alami kulit.

"Suhu di bawah 40 derajat kalau misalkan kita mandinya terlalu panas atau lebih dari 40 derajat, atau dia terlalu sering, itu memang bisa merusak kulit. Kenapa? Soalnya di kulit kita ini ada namanya kelenjar sebasea atau kelenjar minyak. Kelenjar minyak itu fungsinya sebagai pelembab alami dari kulit kita," kata dokter Berian.

5 Manfaat Lakukan Facial, Tingkatkan Sirkulasi Darah Hingga Jaga Kesehatan Kulit

Pemanas Air Rheem XWell Series

Photo :
  • VIVA.co.id/Aiz Budhi

Apabila mandi dengan air terlalu panas, maka kelenjar minyak tersebut akan terganggu fungsinya. Jika sudah terganggu, kulit akan menjadi kering dan jika dibiarkan akan iritasi dan gatal. 

"Misalkan kita menggunakan air panas terlalu panas, otomatis si kelenjar ini bisa keganggu fungsinya, sehingga minyak-minyak yang harusnya membantu melumasi kulit kita, itu malah jadinya tidak melumasi, akibatnya jadi kering, kalau kering didiemin bisa iritasi. Kalau iritasi bisa perih atau kalau kulitnya sensitif jadi gatal," tutur dokter Berian.

Sebagai informasi tambahan, Rheem sebuah brand pemanas air global ternama asal Amerika, melalui distributor tunggalnya di Indonesia, PT. Dewata Vulcanindo Suryajaya meluncurkan Rheem XWell Series, pemanas air rumah tangga dengan teknologi mutakhir dan ramah lingkungan untuk konsumen Indonesia.

Ditemui di tempat yang sama, Devid Suryawan, Head of Retail PT Dewata Vulcanindo Suryajaya menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental di tengah pandemi, mandi air hangat diyakini menjadi salah satu solusi untuk menanggulangi stres, kepenatan setelah sibuk dengan aktivitas seharian.

“Untuk itu Rheem menghadirkan pemanas air rumah tangga Rheem XWell Series yang dirancang dengan teknologi Diffuser RheemHot eksklusif, mampu menghasilkan air panas lebih banyak dan lama sehingga level suhu air yang terjaga secara konstan dapat memberikan pengalaman mandi air hangat yang menyenangkan di rumah Anda,“ ujarnya.

Rheem memberikan Garansi 8 8 2 after sales yang merupakan garansi 8 Tahun Tangki, 8 Tahun Elemen Pemanas dan 2 Tahun Suku Cadang dan Ongkos Kerja kepada konsumen Rheem, hal yang memastikan tangki pemanas air Rheem XWell Series lebih kuat dan awet, sehingga konsumen tidak perlu merasa khawatir dengan membeli produk Rheem, hal ini berlaku juga untuk produk Rheem yang lain.

Saat ini produk pemanas air Rheem XWell Series ini sudah dapat dibeli di Mitra10 seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya