Ketahui Gejala Awal Kanker Serviks

sosialisasi bahaya kanker serviks.
Sumber :
  • dok.ist

VIVA.co.id – Penyakit kanker serviks atau yang juga dikenal dengan kanker leher rahim merupakan penyakit yang paling menakutkan bagi setiap wanita. Tahun 2014, WHO menyatakan terdapat lebih dari 92 ribu kasus kematian pada penduduk wanita akibat penyakit kanker. 

Perdarahan Usai Bercinta, Awas Gejala Kanker Mengintai

Sebesar 10,3 persen merupakan jumlah kematian akibat kanker serviks. Sedangkan jumlah kasus baru kanker serviks berjumlah hampir 21 ribu.

Kebanyakan kasus dari kanker serviks ini disebabkan oleh sebuah virus bernama Human Papillomavirus atau HPV. Untuk itu, sebagai wanita Anda harus waspada dan tahu apa saja gejala awal kanker serviks. Kanker serviks adalah penyakit yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. 

Rutin Berhubungan Seks, Pakar Sarankan Pap Smear

"Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks, tapi penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual," ujar dr Kristoforus HD,SpPD selaku Founder and Chief Exevutive Officer, Internis and Vaccinologist, dari klinik In Harmony dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Selasa 9 Mei 2017.

Ia menuturkan bahwa pada stadium awal kanker serviks, tidak ada gejala yang jelas, apakah seorang wanita telah terserang kanker tersebut. Namun dalam perkembangan berikutnya, gejala kanker serviks mulai dirasakan di antaranya seperti sulit untuk buang air kecil, sering mengalami nyeri di panggul, keputihan bercampur darah, serta terjadi perdarahan di organ vital perempuan.

Australia Bertekad Jadi Negara Bebas Kanker Serviks di 2035

Untuk mencegah kanker serviks, cara terbaik adalah dengan menjaga perilaku seks secara sehat serta aktif memeriksakan diri. Di samping itu melakukan vaksinasi anti-kanker serviks juga wajib dilakukan oleh setiap wanita.

"Untuk itu saya menyarankan bagi wanita yang telah aktif secara seksual dan berusia 25-49 tahun diperiksa setiap tiga tahun sekali. Sedangkan wanita berusia 50-64 tahun dapat diperiksa setiap lima tahun sekali," ucapnya. (one)
 

Ilustrasi Kanker

Ini Jenis Kanker yang Paling Bisa Dicegah dan Disembuhkan

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2018, kanker serviks merupakan kasus dengan kematian yang tertinggi untuk Prevalensi Kanker pada wanita.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022