Bermain Peran, Latih Imajinasi Si Kecil

Anak tertawa dan bermain.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bermain peran dalam sebuah drama, ternyata mampu memberi manfaat baik untuk anak-anak. Salah satunya, mampu melatih imajinasi anak, sehingga mampu memacu kreativitas si kecil lebih baik.

Ternyata, Bermain Bisa Jaga Daya Tahan Stress Anak

"Role play selama satu jam, misalkan berperan sebagai binatang yang membantu selamatkan temannya, bermanfaat untuk melatih imajinasinya. Anak terpacu untuk menggapai tujuannya melalui imajinasinya tersebut," ujar Founder Playdate Planner, Lydia Mangunsong kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Saat bermain drama, secara tidak langsung juga, melatih kemampuan sosial si kecil. Anak akan berusahan menyelesaikan suatu masalah dengan cara bekerja sama dengan temannya.

IDAI Beri Tips Pilih Mainan Tepat untuk Anak

"Bermain role play itu pasti tidak sendiri, harus bersama orang lain. Di sini juga bisa melatih kerja sama si kecil dengan temannya," paparnya.

Di dalam bermain peran juga, anak akan berusaha untuk melatih cara bicaranya agar mampu berkomunikasi dengan baik. Hal ini, tentunya membuat anak terlatih untuk memiliki kata-kata yang baik.

Pandemi Picu Anak Jadi Pendiam, Ajak Main Ini Agar Jago Sosialisasi

"Manfaat terakhir, yaitu melatih cara bicara anak kepada orang lain. Memulai komunikasi dengan baik, agar mampu menyampaikan pesan secara tepat," kata dia. (asp)

Ilustrasi anak pakai kacamata/main gadget.

Bahaya Kecanduan Game Online pada Anak dan Cara Mengatasinya

Kecanduan game online nyatanya dapat mengganggu fokus dan kinerja akademis anak. Waktu yang dihabiskan untuk bermain game dapat mengganggu waktu belajar dan tugas sekolah

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2023