Bakteri Baik Pembentuk Kecap Ini Mampu Hasilkan Enzim

Bakteri Aspergillus Spp
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan alamnya. Di antaranya, keanekaragaman hayati jenis mikroorganisme yang nyatanya memiliki banyak manfaat bagi manusia jika dikembangkan dengan baik dan benar.

ASI, Kunci Anak Tumbuh Sehat dan Bahagia

Guru Besar Tetap Dalam Bidang Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (UI) Wibowo Mangunwardoyo mengungkapkan, salah satu mikroorganisme yang memiliki manfaat bagi manusia adalah Aspergillus spp (Subspecies). Menurutnya, Aspergillus spp bisa digunakan sebagai penghasil enzim dan digunakan dalam industri obat-obatan.

Tak hanya itu, Aspergillus spp juga memiliki peran di beberapa bidang, seperti bidang industri makanan, farmasi, diagnosis penyakit, dan rekayasa genetika. Aspergillus spp pun bermanfaat sebagai penghasil antioksidan yang berfungsi menghambat penyakit degeneratif.

Gak Cuma Vitamin, Ini Faktor Penting Tingkatkan Imunitas Anak

"Masih banyak hal yang harus dikerjakan dalam pengembangan genus Aspergillus spp, bio prospek yang belum dilakukan eksplorasi," kata Wibowo dalam acara pengukuhan profesor di UI, Depok, Rabu 9 Agustus 2017.

Adapun kegunaan lainnya dari berbagai bidang tersebut, diantaranya Aspergillus spp berperan besar dalam pembuatan kecap dalam bidang industri makanan. Sedangkan di bidang farmasi, mikroorganisme ini bisa digunakan untuk penghasil senyawa antibiotik, anti hiperkolesterol, dan anti kanker.

Mengenal Dua Kandungan Penting Yoghurt
Nelayan berangkat melaut di Teluk Jakarta

Soal Paracetamol di Teluk Jakarta, Peneliti: Kadarnya Kecil

Kadar paracetamol di Teluk Jakarta tercatat hanya 600 ng/L yang bisa dibilang non akut dan tidak mematikan.

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2021