Sariawan Termasuk Penyakit Keturunan

Ilustrasi bau mulut
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Sariawan merupakan penyakit rongga mulut yang tidak boleh disepelekan. Bukan tidak mungkin sariawan yang dianggap biasa, menjadi pemicu dari penyakit yang lebih serius.

Awalnya Sariawan, Aktris Ini Ternyata Idap Autoimun

Meski demikian, sariawan umum yang perlu Anda ketahui memiliki tanda-tanda yang bisa dikenali. Dalam istilah kedokteran, sariawan ini disebut dengan stomatitis aftosa rekuren.

Dr. drg. Febrina Rahmayanti, SpPM, dokter gigi spesialis penyakit mulut dari Rumah Sakit Pondok Indah, mengatakan, belum diketahui penyebab pasti dari sariawan. Namun, ada beberapa faktor yang mudah dikenali dari timbulnya sariawan.

VIDEO: Obat Alami Ini Ampuh Atasi Diare Hingga Rambut Rontok

"Bisa dipicu, karena tergigit pada orang yang kecenderungan sariawan. Bisa juga karena faktor genetik, yang orangtuanya sering sariawan anaknya juga akan sariawan, begitu juga dengan saudara kembar bisa saling mempengaruhi," ujar Febrina kepada VIVA.co.id.

Febrina juga menjelaskan beberapa tanda dari sariawan yang umum diderita orang. Di antaranya kelainan berupa ulser atau tukak atau luka. Terjadinya terbatas di dalam mulut dan tidak ada yang di luar mulut.

5 Rekomendasi Obat Ampuh Basmi Sariawan

Biasanya, muncul di bibir bagian dalam, pipi bagian dalam, dasar mulut, dan tepi lidah. Seperti namanya, sariawan ini bisa hilang timbul atau rekuren.

"Sariawan ini bisa sembuh dalam 7-14 hari. Lokasi saat kambuh dapat berpindah-pindah di rongga mulut dan bentuknya bulat atau oval," lanjutnya. (asp)

COVID-19 dan lidah

Ada Lagi Gejala Aneh COVID-19 Termasuk Omicron, Kini Muncul di Lidah

Gejala aneh COVID-19 berbeda setiap orang. Ada yang umum tapi ada juga yang mengalami beberapa gejala khas yang tidak dirasakan pasien lain.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022