Waspada Terjangkit Kuman dan Bakteri Hotel

Ilustrasi kamar hotel.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Ketika memilih hotel saat bepergian, salah satu poin yang digunakan sebagai bahan pertimbangan adalah kebersihan. Karena tahukah Anda bahwa ternyata beberapa asilitas yang tersedia di hotel ternyata bisa jadi sarang kuman dan bakteri untu berkembang.

6 Fakta Penting Bakteri Strep A, Infeksi Langka Sebabkan Anak-anak Meninggal Dunia

Ahli Mikrobiologi Chick Gerba melakukan tes kuman di sembilan kamar hotel di Los Angels. Dari sembilan tersebut diambil sampel sebanyak tiga kamar dari hotel dengan budget rendah, sedang dan hotel dengan budget kelas atas.

Dari penelitian yang dilakukannya, terhadap 9 kamar tersebut dengan yang dilakukan terhadap toilet, wastafel, gelas minum, setrika hingga hair dryer (pengering rambut), yang menjadi sarang kuman.

Ih, Bakteri Pengering Tangan di Toilet Umum Bisa Terhirup

Dilansir dari laman Independent, Gerba mengatakan bahwa "Pasti ada beberapa hal yang Anda lakukan dengan pengering rambut yang tidak disadari karena beberapa di antaranya sangat kotor".

Selain itu, dari hasil uji yang dilakukannya ditemukan pula enam dari sembilan wastafel memiliki kadar kuman yang dianggap berlebihan.

Bersihkan Tangan dengan Tisu Basah, Bisakah Bunuh Bakteri?

Dirinya pun menjelaskan bahwa "Kekhawatiran terbesar di kamar hotel adalah terkena flu, virus flu atau virus yang menyebabkan diare, tidak perlu banyak membuat Anda sakit."

Selain itu, ditemukan pula banyaknya bakteri dalam tingkat berlebihan pada menu layanan makanan kamar, sementara yang lainnya diuji bersih.

"Mereka membolak-balik halaman-halamannya. Mereka meletakkan jari mereka di sini. Jadi, Anda lebih mungkin menemukan sesuatu di sini."

Selain itu, dirinya pun menemukan adanya kuman-kuman dalam jumlah yang berlebihan pada toilet, jumah ini pun dinilainya sangat tinggi jika dibandingkan dengan kuman yang ditemukan di rumah sesorang.

Gerba mengatakan bahwa cara housekeeping melakukan pekerjaan mereka bisa berdampak besar pada kebersihan kamar.

Joe McInerney dari American Hotel and Lodging Association percaya bahwa tidak ada yang terkena penyakit ketika menginap di hotel.

"Kira-kira empat juta orang tidur di hotel setiap hari dan sangat jarang ada kasus penghuni yang terkena penyakit ketika tinggal di hotel," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya