Setop Bawa Ponsel ke Toilet, Ini Bahayanya

Ilustrasi ponsel pintar.
Sumber :
  • Pixabay/kaboompics

VIVA – Membawa ponsel ke kamar mandi mungkin tidak terlihat seperti hal yang berbahaya. Tapi hal tersebut bisa membawa kuman hingga penyakit yang bermigrasi ke mulut Anda.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Mengerikannya, banyak kuman seperti di kloset, tempat duduk di toilet, pegangan siram, bahkan pintu masuk toilet. Karena itu, dokter kebersihan Lisa Ackerley menyarankan jangan pernah membawa ponsel ke toilet.

Dia mengatakan bahwa Semua orang bisa terkena kuman dengan hanya menyentuh permukaan di kamar mandi. Kuman itu kemudian dapat ditransfer langsung ke ponsel Anda.

Wanita Hamil Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading, Ponselnya Hilang

"Jika Anda membawa telepon ke toilet, Anda berisiko terkena kuman. Di toilet, akan ada kuman orang lain di tempat duduk, pegangan atau tombol flush hingga pintu bilik," kata dia, seperti dilansir dari The Sun.

Kuman-kuman ini mulai dari norovirus hingga salmonella. Kuman-kuman itu bisa saja ditransfer melalui kertas toilet, sehingga setelah selesai dan mencuci tangan, kemungkinan Anda masih akan terkena kuman.

Anak di Bawah Umur Diduga Dicabuli Saudara di Cengkareng, Begini Modusnya

"Jadi, jika tangan Anda kotor dan terkontaminasi dengan virus atau bakteri, lalu mengangkat ponsel setelah menggunakan toilet, maka Anda akan memindahkan kuman ke telepon dan kemudian kembali ke tangan, bahkan jika Anda sudah mencucinya," tuturnya.

Ilustrasi bermain ponsel di toilet.

Kuman-kuman itu, kata dia, bisa langsung masuk ke mulut, melalui menggigit kuku atau dari tangan ke makanan, seperti  memakan keripik atau membuat sandwich. Kuman juga bisa ditransfer melalui ponsel ke orang lain. Jadi jika Anda berbagi ponsel dengan orang lain, itu sama saja menyebarkan semua kuman yang Anda dapat dari toilet.

Tapi jika Anda memang terbiasa membawa ponsel ke toilet maka ada cara untuk meminimalkan Anda terkontaminasi kuman. “Simpan telepon di tangan kiri Anda. Jangan sentuh apa pun dengan tangan kiri. Gunakan tangan kanan untuk menyeka, menyiram toilet dan menyentuh pegangan pintu," saran Lisa.

Ia juga menyarankan untuk meletakkan ponsel di saku atau tas dengan tangan kiri, kemudian cuci kedua tangan secara menyeluruh. Jika Anda kidal, Anda dapat memegang ponsel di tangan kanan untuk membebaskan tangan kiri Anda melakukan pekerjaan itu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya