Virus HPV Menular Lewat Dudukan Toilet, Benarkah?

Toilet canggih.
Sumber :

VIVA.co.id – Virus HPV merupakan penyebab utama timbulnya kanker mulut rahim pada sebagian besar kaum wanita. Banyak informasi yang mengatakan bahwa penyebaran virus HPV, dapat tertular melalui dudukan toilet umum.

Dokter: Punya Satu Pasangan Seks Tetap Berpotensi Kena Kanker Serviks

Virus HPV menjadi penyebab utama hadirnya kanker mulut rahim atau kanker serviks pada kaum wanita. Namun, banyak kaum wanita yang tidak memahami proses penularan dari virus tersebut.

"Virus HPV hanya bisa tertular melalui skin to skin contact. Artinya, penularannya melalui vaginal seks, anal seks, dan oral seks," ujar spesialis Obgyn, dr. Med. Firman Santoso, Sp.OG., kepada VIVA.co.id.

Ibu Hamil Terinfeksi Virus HPV, Ini Bahayanya Bagi Janin

Sehingga, Firman membantah adanya proses penularan virus HPV melalui dudukan toilet. Hal tersebut dianggap tidak memungkinkan karena tidak adanya kontak kulit secara langsung.

"Berdasarkan bukti dan studi, harus ada proses kena kulit langsung. Jadi enggak pernah HPV menular melalui toilet," kata dia.

Hanya Punya Satu Pasangan, Mengapa Bisa Tertular HPV?

Untuk itu, salah satu cara mencegah penyebaran virus HPV yaitu dengan membentuk pembatas agar tidak adanya kontak langsung saat proses berhubungan intim berlangsung. Firman mengatakan, proses tersebut bisa dihalangi melalui pemakaian kondom saat bercinta dengan pasangan.

"Dari data, orang yang kena HIV di usia produktif, disebabkan tidak menggunakan kondom sama sekali saat bercinta. Jadi, kondom bisa cegah penularan HPV juga karena kondom berperan jadi barrier saat proses bercinta, sehingga enggak ada kontak kulit secara langsung," ujarnya.

Firman juga menegaskan pentingnya masyarakat memahami cara tepat penggunaan kondom. Ia melanjutkan, dimulainya dengan melihat tanggal kedaluwarsa dari kondom tersebut.

"Cek tanggal kedaluwarsa, harus terasa ada bubble yang artinya karet kondom masih berkualitas baik, dan mudah ditarik ke atas yang menandakan pemakaiannya benar," paparnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya