Hati-hati, Hal Ini Bikin Rumah Tangga Berantakan

Ilustrasi pasangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mengarungi bahtera rumah tangga memang tidak semudah drama di televisi. Banyak permasalahan tidak terduga kerap menjadi keretakan rumah tangga.

Mualaf Temukan Fakta Sains di Al-Quran, Dukungan Beda Pasutri di AFF

Berbagai masalah mulai dari hal kecil hingga hal besar, dapat menjadi salah satu sebab terjadinya perceraian. Bahkan, ada pula kasus pembunuhan yang dilakukan oleh suami kepada istri. 

Menurut dokter spesialis kesehatan jiwa Dokter Endah Ronawulan, hal tersebut dapar terjadi karena permasalahan yang diawali dengan gangguan berkomunikasi.

Puluhan Rumah di Palangkaraya Terbakar, Dipicu Suami-istri Bertengkar

"Miscommunication bisa menjadi awal terjadinya perselisihan antara pasangan suami istri. Biasanya dari miscommunication tersebut dapat memanjang hingga timbulnya rasa curiga yang mendalam kepada pasangan, " ucapnya saat ditemui oleh VIVA dalam acara Woman on Top di RSPP, Jakarta, Jumat 22 Desember 2017.

Namun jika sudah terjadi konflik antara kedua pihak, cara yang terbaik adalah dengan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, dan bagaimana cara menyelesaikan sesuai dengan kebutuhan kedua pihak.

Sah, Ali Syakieb dan Margin Wieheerm Resmi Jadi Suami Istri

"Ketika ada pasien dengan permasalahan seperti itu, saya akan pertemukan mereka berdua dan mencari solusi yang terbaik untuk mereka berdua, " ucapnya.

Komitmen kedua pihak penting untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Sehingga mendapatkan solusi yang tidak mengorbankan salah satu pihak. 

"Harus dibuat sebuah negosiasi kepada kedua pasangan tersebut, sampai ketemu jalan tengahnya dimana, sampai masalah perseteruan dapat tereselesaikan, " ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya