Lima Komitmen Ini Bisa Turunkan Risiko Kena Kanker

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mengawali awal 2018, daftar resolusi panjang biasanya selalu dibuat sebagai panduan agar kehidupan tahun ini lebih baik dari sebelumnya.

5 Hal Ini Bisa Buat Hidup Kamu Lebih Sehat

Namun, tanpa disadari, beberapa resolusi tertentu ternyata dapat menekan bahaya kanker sebesar 8 persen.

Dilansir dari laman Reader's Digest, para peneliti di UK menganalisa gaya hidup dari 343.150 orang dewasa selama lima tahun. Para partisipan itu mencatat motivasi gaya hidup yang lebih baik, mencakup membatasi alkohol, menghindari rokok, banyak berolahraga, konsumsi pola makan sehat, serta menjaga kesehatan Indeks Massa Tubuh. Di akhir tahun penelitian, tak sampai seperempat partisipan yang terdiagnosa kanker.

7 Hal Sederhana Namun Sering Diabaikan untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat

Dari penelitian itu, ditemukan terdapat kaitan antara pilihan gaya hidup dengan diagnosa kanker yang menyerang di akhir tahun. Mereka yang berkomitmen menjalani lima gaya hidup tersebut terindikasi rendah terhadap bahaya kanker.

Masing-masing gaya hidup sehat itu memiliki kaitan sebesar 8 persen dalam menurunkan risiko kanker. Sehingga, peneliti menyarankan, jika kesulitan untuk menjalani gaya hidup tersebut, sebaiknya ubah pemikiran terkait manfaat besar di balik tiap gaya hidup yang dijalani.

Tips Jalani Pola Hidup Sehat untuk Cegah Sakit Batu Ginjal

"Cukup mengambil dan menjalani satu gaya hidup dari lima pilihan itu saja, sudah efektif mencegah risiko kanker yang mengintai. Ini memang tidak terlihat nilainya, tapi ini lebih baik daripada pil apapun yang Anda konsumsi," papar peneliti, Peter Elwood. (ren)

Ilustrasi holistik kesehatan.

Lakukan Pola Hidup Sehat Ini Selama Puasa Ramadhan

Ada rencana harus digunakan agar kuat untuk berpuasa Ramadhan sambil menjalankan aktivitas sehari-hari dan menjalankan ibadah dengan stamina terbaik.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024