Sering Pakai Headphone, Ini Tips Cegah Kerusakan Pendengaran

Ilustrasi mendengarkan musik.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Siapa yang tak suka dengar musik? Hampir setiap hari dalam perjalanan dan aktivitas, orang-orang mendengarkan musik melalui headphone. 

Dituding Dengerin Musik saat Umrah, Rizky Billar Klarifikasi

Mendengarkan musik memang menyenangkan, namun jika Anda melakukannya hampir sepanjang hari, apalagi dengan volume tinggi, hmm, Anda pasti sudah bisa menebak risikonya.

Kemungkinan terjadinya kerusakan pendengaran akibat menggunakan headphone sepanjang waktu bukanlah mitos semata. Seorang profesor ahli klinis di New York University Langone, William Shapiro, mengatakan bahwa anak-anak muda adalah kelompok yang paling berisiko.

Manfaat Luar Biasa Mendengarkan Musik, Ternyata Semenakjubkan Itu

Dia mengatakan bahwa satu di antara lima remaja mengalami semacam penurunan pendengaran karena paparan suara bising. Dalam sebuah video, ahli audiologi tersebut menjelaskan penyebabnya.

Ketika sel saraf halus rusak dengan cara tertentu dan bertahap, kita akan mengalami kehilangan pendengaran permanen atau degenerasi keseimbangan.

Lirik dan Nilai Historis Jadi Penentu Mendengarkan Musik

Di setiap telinga, struktur telinga dalam yang disebut kokhlea, menerima suara dalam bentuk getaran. Sel tersebut memiliki 15.000 saraf halus. Sel sensorik yang tipis ini sangat penting dalam membantu kita mendeteksi gelombang suara, namun sangatlah rapuh.

Sel-sel halus ini tidak beregenerasi, jadi kerusakan yang terjadi pada sel ini sifatnya permanen, sehingga akan mengalami beberapa tipe kehilangan pendengaran.

"Sebagian besar dari paparan suara itu datang dari headphone, jika telinga di mana orang mendengarkan musik dengan suara yang sangat tinggi," jelas Shapiro seperti dikutip laman Daily Mail.

Shapiro melanjutkan, satu sisi headphone tepat berada di telinga dan semakin dekat headphone itu pada gendang telinga, semakin tinggi tekanan suaranya, dan itu bisa merusak pendengaran.

"Jadi, sebenarnya dengan menyumbat telinga Anda (dengan headphone) dan menaikkan suaranya dari tiga ke enam desibel, melipatgandakan intensitas dari suaranya, itu sama saja Anda merusak gendang telinga Anda," lanjutnya.

Lalu bagaimana tingkat suara yang aman bagi pendengaran? Shapiro mengungkapkan tingkat suara aman yang direkomendasikan untuk paparan suara dari musik di headphone.

"Jika Anda menggunakan headphone, aturan yang baik adalah 60 persen dari volume dan tidak lebih dari 60 menit sehari," katanya.

Dia juga menyarankan agar orang-orang menggunakan headphone yang memiliki fungsi 'Noise Cancelling'. Fungsi ini dapat meredam sura lain yang ada di sekitar Anda. Hasilnya Anda akan mendapatkan hasil suara yang bersih tanpa noise, sehingga Anda tak perlu membesarkan volume Anda untuk dapatkan privasi dan nyamannya mendengarkan musik.

"Banyak orang yang menaikkan volumenya karena mereka tidak ingin mendengar suara di luar," imbuh Shapiro.

Dengan menggunakan 'noice cancelling', headphone akan menurunkan suara luar yang membuat kita menurunkan volume suara yang didengarkan. Jadi, sangat penting untuk menjaga volume suara yang rendah. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya