Manfaat Luar Biasa Mendengarkan Musik, Ternyata Semenakjubkan Itu

Ilustrasi mendengarkan musik.
Sumber :
  • Freepik/freepik

JAKARTA – Mendengarkan musik adalah hal yang menyenangkan. Selain memberikan perasaan senang dan memperbaiki mood, mendengarkan musik juga dapat melepaskan stres. Yang tak kalah penting, bisa mencegah gangguan kesehatan mental.

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Musik juga dapat mencegah Anda mengalami kecemasan berlebih. Sebab, musik dapat meredam kondisi tersebut sekaligus memberi efek menenangkan. Singkatnya, mendengarkan musik, apapun genre sesuai preferensi Anda, akan memberikan segudang manfaat. Yuk, scroll untuk info selengkapnya

Dilansir Healthline, dokter di Johns Hopkins bahkan menganjurkan kita untuk mendengarkan musik untuk merangsang otak. Para ilmuwan tahu bahwa mendengarkan musik melibatkan otak Anda. 

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Para peneliti juga memahami bahwa hanya dengan mendengarkan musik saja membuat seseorang ingin belajar lebih banyak. Dalam satu studi pada 2019, menunjukkan orang lebih termotivasi untuk belajar dengan harapan bahwa mendengarkan lagu bisa dijadikan sebagai hadiah. 

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Meningkatkan daya ingat
Musik juga memiliki efek positif pada kemampuan Anda untuk menghafal. Mayo Clinic mengungkapkan, selain musik tidak menghilangkan memori penderita Alzheimer dan bentuk lain dari demensia, usai mendengarkan musik penurunan kognitif menjadi lebih lambat. 

Mengurangi gejala depresi
Sebuah tinjauan penelitian pada 2017 menyimpulkan, mendengarkan musik, terutama musik klasik yang dipadukan dengan jazz, memiliki efek positif pada gejala depresi. Terutama jika mendengarkan beberapa sesi bersama dengan terapis musik bersertifikat. 

Tidak suka jazz atau klasik? Anda mungkin ingin mencoba perkusi grup sebagai gantinya. Tinjauan penelitian yang sama menemukan bahwa mendengar drum juga memiliki manfaat di atas rata-rata bagi orang yang mengalami depresi.

Namun, memutar musik akan semakin asyik jika Anda memiliki perangkat audio berkualitas. Sehingga, setiap elemen instrumen dapat Anda dengar dengan jelas. 

Voulao Indonesia merupakan sebuah akun resmi yang menawarkan produk perangkat audio berbagai tipe, desain dan harga. Produknya antara lain, headset gaming, Disney earphone, sport headphones, gaming TWS dan produk headset bluetooth. 

Pastikan Anda membeli produk perangkat audio di toko resmi yang berkualitas dan terpercaya. Salah satunya adalah akun resmi Voulao Indonesia. Akun ini juga mengklaim produk 100 persen original, memberikan garansi resmi, harga kompetitif dan selalu update. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya