6 Cara Tingkatkan Kesuburan dan Kesehatan Reproduksi Pria, Kamu Wajib Tahu

Ilustrasi kelamin pria
Sumber :
  • pixabay

Jakarta – Kesehatan reproduksi mengacu pada kondisi sistem reproduksi pria dan wanita pada semua tahap kehidupan. Sistem ini terbuat dari organ reproduksi, termasuk ovarian pada wanita dan testis pada pria.

Jasad Pria Ditemukan di Gunung Galunggung Tasikmalaya

Organ-organ ini memproduksi dan melepaskan hormon, seperti halnya kelenjar penghasil hormon lainnya di dalam tubuh seperti kelenjar pituitari di otak. 

Laki-laki belum terlalu diajarkan untuk menjaga kesehatan reproduksinya, karena hal tersebut sering dianggap tabu meskipun perempuan sering didorong untuk membicarakannya secara luas. Lantas, bagaimana cara menjaga kesuburan dan kesehatan reproduksi pria? Dikutip dari MensXP, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

1. Berhenti merokok dan minum alkohol 

Ilustrasi berhenti merokok.

Photo :
  • Dok. Istimewa
5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Asupan rokok atau alkohol yang berlebihan juga dapat menurunkan kualitas sperma, meningkatkan kemungkinan infertilitas. Mengkonsumsi alkohol secara teratur dapat mengurangi kadar testosteron yang menyebabkan disfungsi ereksi dan mengurangi produksi sperma. 

Tembakau, di sisi lain, telah terbukti mengurangi konsentrasi sperma, motilitas sperma, dan kerusakan DNA sperma. Faktor lain seperti polusi lingkungan, diabetes, hipertensi, dan obesitas juga dapat menyebabkan jumlah sperma rendah dan infertilitas. 

2. Hilangkan stres

Ilustrasi depresi/stres.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Disfungsi ereksi, libido rendah, dan jumlah sperma rendah semuanya terkait dengan tingkat stres yang tidak terkendali, yang semuanya dapat mempersulit perencanaan kehamilan pada istri. 

Jadi, jika pasangan kamu mengalami kesulitan untuk hamil, cobalah mencari strategi untuk mengurangi stres. Berlatih meditasi, yoga, berpartisipasi dalam beberapa aktivitas, atau mencari bantuan profesional adalah semua pilihan. Ini berlaku untuk pria maupun wanita.

3. Menjaga berat badan yang sehat

Berat badan

Photo :
  • Times of India

Menurunkan berat badan dan menjaga indeks massa tubuh (BMI) yang sehat dapat membantu meningkatkan kesuburan dan motilitas sperma. 

Kamu harus berolahraga dan makan dengan sehat untuk mencapai hal ini. Jika kamu mengalami obesitas, yang didefinisikan memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih besar dari 30, penelitian menunjukkan bahwa lebih sulit istri kamu untuk hamil. 

4. Berolahraga secara teratur 

Ilustrasi bersepeda/olahraga.

Photo :
  • Freepik/prostooleh

Olahraga teratur dapat membantu kamu hidup lebih lama, menurunkan risiko penyakit kronis, dan meningkatkan kesehatan reproduksi.

5. Makan makanan yang seimbang

Makanan sehat

Photo :
  • Eat This

Konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan banyak air adalah penting. Junk food dan makanan olahan bisa berbahaya dalam jangka panjang, menghambat kadar hormon dalam tubuh. Pola makan bergizi akan membantu memastikan tidak hanya kesehatan reproduksi yang kuat, tetapi juga kesehatan secara keseluruhan. 

6. Kebersihan

Ilustrasi mandi

Photo :
  • U-Report

Ini merupakan faktor penting dalam memastikan kesehatan reproduksi. Daerah genital pria terletak di luar tubuh untuk memberikan suhu yang lebih dingin untuk menghasilkan sperma. 

Kebersihan pribadi seperti mencuci tangan setelah menggunakan toilet, menjaga kebersihan daerah genital, mengenakan pakaian dalam yang bersih dan bernapas, serta memastikan kebersihan secara umum sangat penting. 

Kebiasaan ini harus dikenalkan sejak dini untuk menghindari penyakit dan infeksi yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak steril.

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Ikuti perubahan gaya hidup yang mudah ini untuk meningkatkan kesuburan reproduksi kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya