Jangan Sepelekan Manfaat Luar Biasa Jamu, Redakan Batuk Hingga Obati Hepatitis

Ilustrasi racikan jamu.
Sumber :
  • www.pixabay.com/couleur

JAKARTA – Hari Jamu Nasional diperingati 27 Mei setiap tahunnya. Hari Jamu Nasional diperingati untuk mengangkat kembali eksistensi jamu di Indonesia, yang sebelumnya sempat redup. 

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Meninggal Dunia

Jamu sendiri selain dapat meningkatkan kesehatan, minuman tradisional ini mampu menjaga warisan budaya asli Indonesia. Eksistensi jamu sebelumnya sempat pudar, hingga akhirnya Presiden Indonesia ke-6, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menetapkan tanggal 27 sebagai hari kebangkitan jamu Indonesia. Yuk, scroll untuk tahu info selengkapnya.

Menurut buku Jamu Ramuan Tradisional Kaya Manfaat (2018) oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Kemdikbud, jamu merupakan obat herbal dari alam yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Jamu juga dapat disebut sebagai obat rumahan karena bisa dibuat sendiri dari rempah-rempah yang ada di sekitar. Lalu, apa saja manfaat jamu? 

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Ada berbagai jenis jamu di Indonesia, di mana masing-masing memiliki manfaat yang berbeda-beda. Misalnya saja, jamu kunyit asam yang berkhasiat untuk meringankan nyeri haid, mencegah sariawan dan membuat tubuh terasa segar. 

Penyanyi Bro Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Selain itu, yang tak kalah populer adalah jamu beras kencur. Varian jamu ini dapat membantu menghilangkan pegal-pegal di tubuh, meredakan batuk, menambah nafsu makan, bahkan bisa melancarkan peredaran darah. 

Jamu temulawak juga sudah sangat familiar di telinga masyarakat. Tidak main-main, jamu temulawak ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit hepatitis karena mampu mencegah penyakit hati serta menurunkan kolesterol. 

Nah, menyadari betapa besar manfaat jamu dan dalam rangka memeriahkan Hari Jamu Nasional, Air Mancur Group, melakukan kegiatan bagi-bagi jamu gratis kepada masyarakat  yang hadir di acara Car Free Day (CFD) di kawasan Bundaran HI di akhir Mei 2023 lalu. 

Di acara ini, beberapa personel yang berperan sebagai Mbak Jamu, menyajikan jamu sehat secara gratis kepada masyarakat yang sedang melakukan jalan sehat di acara CFD. 

Tidak hanya itu, ikon Herman (Herbal Air Mancur) juga turut memeriahkan dengan ajang challenge minum jamu kepada anak muda agar bisa mengenal dan mencintai tradisi minum jamu menjadi gaya hidup sehari-hari. 

Ilustrasi jamu.

Photo :
  • pixabay/Ajale

Selain membagikan jamu seduhan, para mbak jamu kekinian ini membawa bakul berisi jamu kemasan praktis dalam bentuk kapsul untuk dibagi-bagikan secara gratis kepada peserta CFD. 

Marketing Manager Air Mancur Group, Damayanti, mengungkapkan, melalui acara ini mereka ingin mengajak kembali masyarakat, terutama anak muda mengenai manfaat mengonsumi jamu bagi kesehatan. 

"Ajakan untuk para generasi muda agar rajin mengonsumsi jamu ini sejalan dengan konsep hidup sehat dengan herbal. Sehingga (diharapkan) tidak ada lagi istilah generasi jompo, sekaligus melestarikan tradisi minum jamu yang sudah ada secara turun-menurun," kata Damayanti dalam keterangannya, dikutip Kamis 15 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya