Waspada, Pertanda Batuk yang Bisa Jadi Pemicu Gejala Kanker Paru-paru

Ilustrasi Batuk Berdahak
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Batuk adalah gejala umum dari banyak kondisi berbeda, termasuk kanker paru-paru. Oleh karena itu penyakit ringan ini tidak boleh dianggap remeh.  Meskipun terlihat ringan dan rendah risiko, siapa sangka batuk yang tak kunjung sembuh ini ternyata bisa mengakibatkan tubuh Anda terserang kanker paru-paru.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Dikutip VIVA.co.id dari Data Kementerian Kesehatan RI menunjukkan bahwa setiap tahun terdapat 34 ribu kasus baru kanker paru yang dilaporkan.  Angka kematian akibat kanker paru bahkan relatif tinggi yakni di 80 persen.
Salah satu gejala kanker paru yang perlu diwaspadai adalah batuk. 

Jenis Batuk yang Picu Gejala Kanker

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Dokter spesialis paru, dr Elisna Syahruddin menjelaskan bahwa adanya gejala batuk yang perlu diwaspadai yaitu saat keluhan batuk yang Anda alami tak kunjung membaik pada lebih dari 3 minggu, meskipun telah menjalani pengobatan.

Lebih lanjut ia pun mengungkapkan, bahwa batuk kering ataupun berdahak rupanya dapat menjadi salah satu indikasi terserang gejala kanker paru di tubuh Anda bila tidak hilang selama 3 minggu walaupun sudah diobati.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

"Kalau untuk berdahak atau kering, itu sama saja. Dua-duanya dapat menjadi gejala kalau memang tidak sembuh selama 3 minggu walaupun si penderita batuk sudah minum obat," jelas dr Elisna.

Menurut dr Elisna ada beberapa tata cara pengobatan pasien yang sudah terindikasi kanker paru. Namun, hal ini bergantung pada kondisi pasien sampai tingkat stadium kanker.

Ilustrasi batuk.

Photo :
  • Freepik/drobotdean

Indikasi Lain soal Gejala Kanker Paru-paru

Perlu Anda ketahui, selain di atas, juga terdapat tanda-tanda batuk bentrok beberapa tanda-tanda batuk yang bisa menjadi indikasi kanker paru-paru. Apa saja itu? Scroll untuk baca selengkapnya berikut ini dilansir dari berbagai sumber;

 Batuk yang Berlangsung Lama

Batuk yang berlangsung lebih dari 2 minggu bisa menjadi tanda kanker paru-paru. Batuk ini mungkin kering atau berdahak.

Batuk Berdarah

Batuk berdarah adalah salah satu tanda paling umum kanker paru-paru. Darah mungkin berwarna merah cerah, merah tua, atau bahkan coklat.

Batuk yang Berubah Suara

Jika batuk Anda membuat suara serak atau parau, ini bisa menjadi tanda kanker paru-paru.

Sesak Napas

Sesak napas adalah gejala umum kanker paru-paru. Hal ini disebabkan oleh tumor yang menghalangi aliran udara di paru-paru.

Nyeri Dada

Nyeri dada adalah gejala lain dari kanker paru-paru. Nyeri ini mungkin terasa tajam, menusuk, atau seperti terbakar.

Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan yang tidak disengaja adalah gejala umum kanker paru-paru. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang menggunakan energi lebih banyak untuk melawan kanker.

Kelelahan

Kelelahan adalah gejala umum kanker paru-paru. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang kekurangan oksigen.

Jika Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda di atas, penting untuk segera menemui dokter. Kanker paru-paru adalah penyakit serius, tetapi jika terdeteksi dini, peluang untuk sembuh lebih tinggi.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang yang mengalami tanda-tanda di atas memiliki kanker paru-paru. Namun, jika Anda mengalaminya, penting untuk segera menemui dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya