7 Pekerjaan Rumah Tangga yang Bisa Bakar Kalori dalam Waktu Sekejap

Berkebun.
Sumber :
  • Pixabay/ rawpixel

VIVA Lifestyle – Siapa bilang Anda harus pergi ke gym untuk membakar kalori dan meningkatkan detak jantung?  Faktanya, banyak orang-termasuk selebriti seperti Shilpa Shetty dan Katrina Kaif bahkan hingga bersumpah dengan kehebatan olahraga yang ada di dalam pekerjaan rumah tangga ini.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Perlu Anda ketahui bahwa setiap aktivitas fisik pasti memerlukan energi yang diperoleh tubuh Anda dengan membakar kalori.  Oleh karena itu, semakin banyak Anda bergerak, semakin banyak kalori yang akan Anda bakar. 

Anda akan terkejut mengetahui bahwa pekerjaan rumah tangga yang akan kami bagikan berikut ini, ternyata dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda kira.  Nah berikut ini 5 pekerjaan rumah tangga yang sama baiknya dengan latihan kardio. Kira-kira, apa saja itu?

Diplomasi Stadion Tiongkok, Eksploitasi Ekonomi atau Kemitraan Murni di Afrika?

Ilustrasi lelah usai olahraga.

Photo :
  • Planetfitness

1. Mengepel dan Menyapu

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Mengepel dan menyapu selama 30 menit dapat membakar sekitar 150 kalori. Aktivitas ini melatih otot kaki, tangan, dan inti tubuh Anda. Pastikan untuk menggunakan gerakan yang energik dan teratur untuk memaksimalkan manfaatnya.

2. Naik Turun Tangga

Naik turun tangga selama 20 menit dapat membakar sekitar 100 kalori. Aktivitas ini melatih otot kaki dan bokong Anda. Jika Anda ingin meningkatkan intensitas, cobalah berlari naik turun tangga.

3. Mengangkat Benda Berat

Mengangkat benda berat, seperti saat memindahkan furnitur atau mengangkat belanjaan, dapat membakar kalori dan membangun otot. Pastikan untuk menggunakan teknik yang benar untuk menghindari cedera.

Bersih-bersih menjadi alternatif yang tepat.

Photo :
  • http://www.indotopinfo.com/menurunkan-berat-badan-dengan-pekerjaan-sehari-hari.htm

4. Membersihkan Jendela

Membersihkan jendela selama 30 menit dapat membakar sekitar 120 kalori. Aktivitas ini melatih otot lengan, bahu, dan punggung Anda. Pastikan untuk menggunakan gerakan yang menjangkau dan memutar untuk memaksimalkan manfaatnya.

5. Berkebun

Ini bukan sekedar terapi tetapi cara yang baik untuk membakar kalori tersebut . Ya, ada banyak penelitian yang mengatakan bahwa berkebun sebagai hobi dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stres. 

Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Health Physiology juga telah meratifikasinya. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan: saat Anda memindahkan barang-barang di taman, berjongkok dan mencabut rumput liar, atau mengangkat pot—Anda melibatkan banyak kelompok otot.

Berkebun menawarkan kesempatan unik bagi Anda untuk memasukkan squat dalam kehidupan sehari-hari Anda. Dan kita tahu betapa bermanfaatnya mereka. Berkebun selama 30 menit dapat membakar sekitar 130 kalori. Aktivitas ini melatih otot kaki, tangan, dan inti tubuh Anda. Berkebun juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan udara segar dan sinar matahari.

Tips:

  • Untuk meningkatkan intensitas pekerjaan rumah tangga, Anda dapat menambahkan musik yang bersemangat atau menggunakan pemberat pergelangan kaki.
  • Pastikan untuk minum air putih yang cukup sebelum, selama, dan setelah melakukan pekerjaan rumah tangga.
  • Dengarkan tubuh Anda dan istirahatlah jika Anda merasa lelah.
  • Dengan melakukan pekerjaan rumah tangga secara teratur, Anda dapat meningkatkan kebugaran fisik Anda dan menjaga kesehatan jantung Anda.

Ilustrasi mencuci mobil

Photo :
  • Daihatsu.co.id

6. Cuci Mobil

Tahukah Anda bahwa mencuci mobil adalah latihan kardio yang menyeluruh dan dapat memberikan hasil yang luar biasa untuk lengan Anda . Padahal, jika Anda berusaha semaksimal mungkin, Anda bisa membakar sekitar 234 kalori hanya dalam satu jam dengan mencuci mobil.

7. Cuci Pakaian dengan Tangan

Mencuci pakaian adalah latihan seluruh tubuh karena Anda harus mengangkat ember air, menggerakkan lengan untuk menghilangkan kotoran dari pakaian, memeras air, dan kemudian mengeringkannya. Banyak pergerakan terjadi di sini dan energi yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga sangat besar. Faktanya, Anda mungkin akan membakar sekitar 116 kalori dalam satu jam jika memilih melakukan pekerjaan rumah tangga ini.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya