Konsumsi Segelas Alkohol Sehari Bisa Picu Kanker Payudara

Ilustrasi kanker payudara.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Studi terbaru menemukan bahwa minuman beralkohol dapat memicu penyakit kanker. Bahkan, mengonsumsi alkohol satu gelas per hari saja dapat meningkatkan risiko tersebut.

Google Trends Sebut Pamor Minuman Beralkohol Naik akibat Virus Corona

Dilansir dari laman Reader's Digest, survei dari Alcohol Health Alliance UK (AHA) menemukan, banyak orang yang tidak menyadari bahaya alkohol dapat merusak tubuh. Dari survei yang dilakukan terhadap 2.000 orang di UK, hanya 10 persen yang memahami bahaya alkohol berkaitan dengan kanker.

"Kita sudah seharusnya meningkatkan kesadaran akan bahaya alkohol. Dengan menambahkan label bahaya pada produk alkohol terkait penyakit kanker yang mengintai," ujar spesialis pencegahan kanker di AHA, Prof Linda Bauld.

Kisah Sedih Istri Idap Kanker, Suami Malah Selingkuh dengan Adik

Adapun penelitian menemukan, mengonsumsi anggur putih secara teratur dapat meningkatkan risiko kanker kulit sebesar 14 persen. Sementara itu, mengonsumsi hanya satu gelas alkohol per hari bisa memicu penyakit kanker payudara.

Tidak hanya itu, American Cancer Society pun menemukan, konsumsi alkohol secara rutin dapat menjadi penyebab tujuh jenis kanker yang berbeda, kanker di orofaring (bagian tenggorokan), laring, esofagus, hati, usus besar, rektum, dan payudara wanita.

Terhalang Tabu Soal Seks, Kasus Kanker Payudara Meningkat
Ilustrasi minuman beralkohol.

Minuman Beralkohol Disebut Bisa Membunuh Virus Corona, Benarkah?

DIjelaskan bahwa alkohol kadar tertentu bisa mematikan virus corona.

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2020