Sakit Gigi dan Mulut Bisa Berbahaya Bagi Jantung?

Ayo Hidup Sehat.
Sumber :
  • Dokumentasi tvOne

VIVA – Buah pisang, siapa yang tak suka? Selain rasanya yang enak dan mudah ditemui di mana-mana, pisang juga kaya nutrisi dan serat bagi tubuh.

Risih dengan Bau Mulut Tak Sedap saat Puasa? Simak, Ini Cara Cegahnya

Meski baik bagi kesehatan, namun ada segelintir rumor yang berkembang di masyarakat soal buah ini. Salah satunya adalah pisang tidak boleh dikonsumsi bagi mereka yang menderita diabetes, dan orang yang sedang melakukan diet, karena kadar kalorinya tinggi. Benarkah demikian?

Sementara itu, kesehatan gigi dan mulut menjadi topik yang tak kalah menarik. Meskipun terkesan sepele, ternyata penyakit gigi dan mulut bisa dikaitkan dengan penyakit serius. 

Sudah Rajin Dibersihkan, Bau Mulut Tanda Ada Penyakit?

Seseorang dengan gigi berlubang, penyakit gusi, penyakit jaringan pendukung gigi, serta memiliki sisa akar yang belum dicabut, dapat menyebabkan peningkatan risiko terjadinya penyakit jantung.

Ketika gigi atau gusi mengalami suatu peradangan, maka bakteri gram negatif mengeluarkan endotoksin dan akan melewati sirkulasi darah selama kita melakukan aktivitas normal pada rongga mulut, seperti mengunyah, sikat gigi, dll. Hal ini dapat mempercepat timbulnya efek negatif pada jantung dan pembuluh darah yang mengakibatkan terjadinya penyakit Jantung.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Kedua topik menarik tersebut akan dikupas tuntas dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT yang tayang live di tvOne Jumat 19 Januari 2018, pukul 13.00-14.00 WIB.

Dipandu oleh dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan dr. Reinita Arlin Puspita, tayangan ini juga menghadirkan narasumber berkompeten. 

Pada tema pertama, dr Ida Gunawan, M.S, SpGK akan membahas tentang 'Mitos dan fakta pisang'. Sedangkan pada tema ke dua, drg. Theodorus Hedwin, Sp.PM, dan dr. Rina Ariani, SpJP akan membahas tentang 'Sakit Gigi dan Mulut, Hati-hati Penyakit Jantung'.

Tayangan program AYO HIDUP SEHAT tvOne bisa disaksikan live streaming di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya