Ragam Kuliner Minangkabau akan Dipamerkan di Pantai Padang

Pantai Padang, Sumatera Barat.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (Padang)

VIVA – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Medi Iswandi menyebutkan, kawasan Pantai Padang, Sumatera Barat, bakal menjadi pusat festival kuliner tradisional yang digelar untuk untuk menyambut dan memeriahkan Hari Pers Nasional pada 7 hingga 8 Februari 2018.

Festival Kuliner Virtual Terbesar Dibuka, Bisa Dinner Bareng Idola

Selain merupakan salah satu agenda wisata Kota Padang, festival kuliner tradisional ini juga merupakan upaya Pemerintah Kota Padang, dalam memperkenalkan kekayaan kuliner khas Sumatera Barat.

"Seluruh pengunjung, nantinya dapat mencicipi dan membeli berbagai macam kuliner yang disajikan. Akan ada banyak kuliner yang disuguhkan kepada pengunjung," kata Medi di Padang, Selasa 30 Januari 2018.

Festival Nasi Online, Pasar Kuliner Lokal yang Bikin Kenyang

Selain Pemerintah Kota Padang, kata Medi, event ini juga melibatkan ratusan masyarakat yang memang bergerak dalam bidang usaha kuliner. Selain itu, juga akan ada demo memasak rendang di kawasan tepi pantai. Pengunjung juga dapat belajar bagaimana mengolah masakan rendang.

"Nanti juga akan ada Festival Marandang. Pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan rendang. Ini merupakan upaya kita dalam pengenalan kuliner khas yang ada," tambah Medi.

Menyapa Senja di Pantai Nirwana, Indahnya Sungguh Memukau

Dengan adanya festival kuliner tradisional dan Festival Marandang ini, Medi berharap, pengunjung yang datang dari luar Sumatera Barat, jadi lebih mengenal tentang kuliner Ranah Minang. Karena, Ranah Minang memiliki banyak kuliner lezat.

"Walau sudah menjadi agenda tahunan, namun festival kuliner tradisional kali akan kita buat semenarik mungkin,"ujar Medi.

Diketahui, Pemerintah Kota Padang, memang rutin menggelar festival kuliner dan festival memasak randang dengan melibatkan ratusan, bahkan ribuan warga. Hal ini dilakukan, agar kelestarian kuliner Ranah Minang tetap terjaga.

Bahkan, pada event Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK/Sail Komodo) 2016 lalu, puluhan juru masak kapal perang Angkatan Laut (AL) dari sejumlah negara tetangga ikut merasakan sensasi memasak randang di Pantai Padang. Saat itu, sekitar seratus tungku dan 100 kilogram daging ikan tuna untuk bahan randang disediakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya