Sajian Imlek Unik Berbentuk Karakter Lucu, Mau Coba?

Yu Sheng
Sumber :
  • VIVA/Diza Liane

VIVA – Yu Sheng menjadi sajian wajib saat perayaan Imlek. Uniknya, sajian Yu Sheng di Din Tai Fung, Lotte Shopping Avenue berbentuk anjing yang disesuaikan dengan shio tahun ini. Restoran Din Tai Fung memang menyajikan Yu Sheng dengan bentuk yang disesuaikan dengan shio setiap tahun. 

Menjajal Menu Spesial Imlek di Restoran Surabaya, The G Flavours

"Shio anjing menjadi khas tahun ini. Terlihat berbeda dari penyajian Yu Sheng tahun lalu karena dibentuk sesuai shio anjing. Di sisi-sisi pinggir piring juga ditata manisan dengan bentuk tulang seperti makanan anjing," ujar Area Manager Din Tai Fung, Suhartojo Tatang, beberapa waktu lalu.

Isi dari sajian Yu Sheng ini mengandung sayuran segar seperti daun letus, kol ungu, lobak, dan wortel. Di sisi samping, disediakan manisan buah dan sayur seperti jeruk bali, pala, timun, jahe, dan bawang merah.

Berburu 5 Camilan Legendaris Nikmat dan Murah di Pecinan Glodok

"Pelengkapnya ada salmon, kacang tanah, wijen putih, saus Yu Sheng, minyak kacang, jus lemon, dan kerupuk. Pelengkap ini memiliki makna seperti kerupuk menandakan hidup mewah, salmon berarti kelimpahan, serta wijen menjadi simbol kebahagiaan," paparnya.

Untuk menikmati Yu Sheng ini, Suhartojo mengatakan harus dengan tahapan yang tepat. Menurutnya, tiap tahapan memiliki cara yang memang sudah menjadi tradisi turun temurun.

Makna di Balik Deretan Kuliner Khas Imlek

"Dimulai dengan ucapan salam, lalu tuang jus lemon ke salmon, sisihkan. Kemudian, kacang tanah dan wijen putih ditabur di atas Yu Sheng dengan makna kebahagiaan menghampiri," jelasnya.

"Tambahkan minyak dan saus Yu Sheng. Taruh salmon di atas Yu Sheng sebagai tanda rezeki yang melimpah dan tuang kerupuk untuk menandakan kesuksesan. Aduk hingga tinggi sebagai harapan semua doanya bisa tercapai."

Bakpao unik

Selain Yu Sheng, Restoran Din Tai Fung turut menyajikan bakpao berbentuk anjing. Uniknya, bakpao ini terdiri dari dua pilihan yaitu bentuk anjing seluruh tubuh atau hanya bagian kepala saja.

"Dog bun dengan isi coklat, kacang, dan pisang. Untuk yang full body harus reservasi 3 hari sebelumnya," kata dia.

Menu ini akan dihadirkan hingga tanggal 28 Februari mendatang. Kisaran harga Yu Sheng mulai dari Rp298 ribu serta dog bun mulai dari Rp20 ribu per potong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya