Rawon Toleransi, Makan Bareng Beda Agama Dapat Diskon

Warung makan toleransi di Kota Semarang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Sebuah warung makan di Kota Semarang, Jawa Tengah, memiliki konsep promosi unik untuk menarik minat pembeli. Salah satu daya tariknya adalah memberikan promo diskon khusus bagi pembeli dengan latar belakang agama yang berbeda.

Terpopuler: Obat Tradisional Dinyatakan Bahaya Bagi Ginjal, Rawon Kalahkan Ramen Jepang

Warung rawon toleransi. Begitulah ungkapan untuk menggambarkan warung makan bernama Rawon Surabaya Bu Marie. Warung itu berlokasi di Ventura Food Court, Jalan Ki Mangun Sarkoro, Kota Semarang. Pemiliknya adalah seorang warga bernama Priyo Suyono.

Wartono, seorang pegawai di warung itu, menyebutkan bahwa konsep diskon khusus bagi pengunjung yang membawa teman berbeda agama sudah diterapkan sejak akhir tahun 2017. Idenya tercetus saat ramai-ramainya persidangan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Rawon Dinobatkan Jadi Sup Terenak di Dunia, Kalahkan Ramen Jepang

Priyo Suyono, sang penggagas, sengaja membuat promo itu agar menarik minat pembeli. Bagi pengunjung yang membawa teman beragama berbeda dengan menunjukkan lewat Kartu Tanda Penduduk akan mendapatkan diskon 20 persen.

"Inisiatif Pak Priyo saat itu juga untuk memupuk keberagaman dan toleransi," kata Wartono ditemui VIVA pada Selasa, 13 Maret 2018.

Makan di Warung Pinggir Jalan Situbondo, Chef Juna Berikan Pujian Pada Penjual

Warung makan toleransi di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Diskon itu bisa didapat setelah pembeli mengunggah makanan nasi rawon di Instagram @rawonholicsemarang dengan hashtag #rawonholic.semarang. Promo menarik itu dikhususkan untuk jenis makanan nasi rawon khas warung setempat.

Menurut Wartono, sejak promo itu diterapkan, warung milik Priyo itu tak pernah sepi pengunjung. Dalam satu hari penjualan aneka nasi rawon bisa mencapai 150 porsi.  

"Pernah suatu ketika ada pelanggan datang bawa kawan-kawan lintas agama banyak sekali. Saat kami kasih diskon enggak mau. Mereka justru kasih uang dan memborong semua menu. Sampai saat ini mereka masih langganan," katanya.

Selain promo rawon toleransi, warung Rawon Surabaya Bu Marie juga menawarkan promo lain, seperti promo diskon 10 persen setiap hari Senin dan Kamis bagi pembeli dengan alamat KTP Jawa Timur. Ada juga couple promo bagi pembeli yang membawa pacar, didiskon 5 persen. Paling unik bagi laki-laki yang membawa istri dan pacar sekaligus bisa mendapat makan rawon gratis.

Warung itu tak sekadar mengobral diskon, tetapi juga menjaga cita rasanya. Sejumlah menu disajikan mulai dari rawon daging, rawon iga, rawon buntut, rawon paru, rawon empal serta rawon holic. Ada juga menu lain, seperti soto, nasi cumi Madura, nasi krengseng daging, nasi campur Surabaya, nasi soto Lamongan.

"Yang spesial rawon daging khas Surabaya. Rasanya lebih asin dan enak. Kalau asin itu kesukaan orang Surabaya, tapi kalau orang Semarang disediakan kecap karena mereka suka manis," katanya.

Harga rawon cukup variatif, mulai Rp25 ribu sampai Rp35 ribu per porsi. Warung buka setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya