Rawon Dinobatkan Jadi Sup Terenak di Dunia, Kalahkan Ramen Jepang

Rawon Buntut
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

VIVA Lifestyle – Orang Indonesia, siapa sih yang tak kenal rawon? Makanan asal Jawa Timur ini menjadi salah satu pilihan keluarga untuk jenis santapan khas nusantara.

Banana Fritter from Indonesia Wins the World's Best Dessert

Nah, baru-baru ini rawon dinobatkan menjadi makanan jenis sup paling enak di dunia oleh ensiklopedia kuliner dunia, Taste Atlas

Rawon yang identik dengan kuah pekat berwarna hitam menduduki peringkat pertama dalam daftar, dan mengalahkan shoyu ramen (Jepang), tom kha gai (Thailand), dan tonkotsu ramen (Jepang).

Menu Makan Malam Enak, Anti Bikin Gendut untuk Orang Diet

Rawon Gajah Mada

Photo :
  • U-Report

Secara keseluruhan, Taste Atlas memberi nilai rawon dengan bintang sebanyak 4,8. 

Lukisan Mona Lisa Disiram Sup oleh Aktivis Pangan

"Rawon adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup beraroma ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai," tulis Taste Atlas dalam situs resminya, dilansir Selasa, 1 Agustus 2023.

"Namun, elemen kuncinya adalah buah kluwek, kacang hitam Indonesia. Bumbu Indonesia yang tidak biasa ini sangat beracun saat mentah, dan selalu perlu difermentasi sebelum dikonsumsi. Itu digiling dengan bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa yang bersahaja dan asam serta warna hitam gelap yang unik," lanjut tertulis. 

"Asal muasal sajian tersebut diyakini dari kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur. Terutama disiapkan sebagai hidangan plebeian, itu segera menjadi favorit di kalangan bangsawan dan dengan cepat menjadi populer. Hari ini dapat dengan mudah ditemukan di menu banyak restoran tradisional Indonesia. Biasanya disajikan bersama nasi putih, telur asin, tauge, dan sambal, pasta cabai Indonesia yang pedas."

Ini daftar lengkap 10 sup terenak di dunia versi Taste Atlas.

1. Rawon (Surabaya, Indonesia)
2. Ramen tonkotsu (Fukuoka, Jepang)
3. Tom kha gai (Thailand)
4. Sopa de lima (Yucatan, Meksiko)
5. Taiwanese hot pot (Taiwan)
6. Ciorba radauteana (Radauti, Romania)
7. Bori-bori (Paraguay)
8. Ramen (Jepang)
9. Shoyu ramen (Tokyo, Jepang)
10. Zurek (Polandia)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya