Gawat, Ini 10 Makanan yang Bisa Bikin Kecanduan

Pizza.
Sumber :
  • Pixabay/Engin_Akyurt

VIVA – Beberapa makanan baik disadari atau tidak kerap kali membuat orang kecanduan mengonsumsinya. Seseorang bisa tidak berhenti-berhenti mengonsumsi makanan tersebut dalam waktu dekat.

Kasus Pria Ditemukan Tewas di Freezer Mobil Es Krim, Polisi: Diduga Terkunci dari Luar

Peneliti dari Colorado State University melakukan penelitian yang menghasilkan bukti awal bahwa deretan makanan olahan lebih cenderung menjadi adiktif membuat orang kecanduan. Mereka bahkan mengatakan bahwa makanan semacam itu memiliki karakteristik seperti penyalahgunaan obat terlarang.

Makanan itu cenderung dikonsumsi dalam dosis tinggi dan diserap dengan cepat oleh tubuh. Berikut ada 10 daftar makanan paling adiktif, dilansir dari laman The Independent, Jumat, 16 Maret 2018.

Kronologi Penemuan Pria Tewas di Dalam Freezer Mobil Es Krim

1. Pizza
2. Cokelat
3. Keripik
4. Biskuit
5. Es krim
6. Kentang goreng
7. Cheeseburger
8. Minuman bersoda (non-diet)
9. Kue
10. Keju

Ilustrasi cokelat.

Geger, Zuardi Ditemukan Tewas Terkunci dalam Freezer Mobil Es Krim di Lebaran Hari Kedua

Sementara, makanan yang paling tidak adiktif adalah beras merah dan salmon yang bebas dari kandungan karbohidrat olahan dan lemak tambahan.

Dr Nicole Avena, salah satu rekan penulis studi dan asisten profesor terapi farmakologi mengatakan bahwa studi ini adalah langkah pertama untuk mengidentifikasi makanan dan sifat makanan tertentu yang dapat memicu respons adiktif ini.

"Ini bisa membantu mengubah cara kita mendekati pengobatan obesitas. Ini mungkin bukan masalah sederhana untuk 'mengurangi' makanan tertentu, namun metode ini juga bisa digunakan untuk mengurangi hal-hal adiktif lain, seperti rokok, minuman beralkohol dan narkoba,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya