Soto Degan Cuma di Jember, Sensasinya 'Gimana Gitu'

Soto degan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA – Ini soto bukan soto biasa. Sesuai namanya, soto degan atau kelapa ini dimasak dan disajikan dengan wadah buah kelapa muda.

Tukang Soto Jualan Pakai Apple Vision Pro Seharga Puluhan Juta, Netizen Melongo

Air dan daging kelapanya juga dicampurkan. Aromanya betul-betul berbeda dari umumnya soto. Di lidah, sensasinya gimana gitu.

Soto degan atau kelapa tercipta dari inovasi seorang pedagang kuliner bernama Rani Soraya, warga Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kuliner unik itu pernah menjuarai festival kuliner di Jember, Jawa Timur.

Kebakaran di Rumah Makan Soto Gandaria, 90 Motor Hangus Terbakar

"Pertama kali dibuat tahun 2016," kata Rani di arena bazar HUT Yayasan Kemala Bhayangkari di Markas Polda Jatim, Surabaya, Kamis, 5 April 2018.

Bumbu kuah soto degan sama seperti soto biasa. Yang membedakan hanya pada lauk dan pelengkapnya. Soto degan bisa menggunakan daging ayam atau sapi. Tetapi, daging sapinya lebih enak dan tak pakai bihun.

Icip-icip Soto Tangkar Sate Kuah yang Lagi Viral, Gak Sabar Antre Dijamin Rugi

"Kita pakai juga jamur, kentang goreng, bawang goreng, bawang daun, dan daging kelapa," ujarnya.

Soto degan

Bagaimana cara memasaknya? Mula-mula kuah soto dimasak dengan menggunakan panci. Kuah berasal dari air putih dan air kelapa muda dengan takaran yang sama.

"Kuahnya separuh pakai air putih, separuh air kelapa," kata Rani.

Setelah matang, kuah dimasukkan ke dalam buah kelapa muda. Lauk dan semua bahan pelengkap dimasukkan pula. Soto berwadah batok kelapa muda itu lalu dimasak selama 5-10 menit.

"Kalau enggak kena angin cepat matangnya, lima menit sudah bisa disajikan," katanya.

Bagaimana rasanya? VIVA coba mencicipi dan rasanya memang berbeda dari soto biasa. Ada aroma santan meresap ke dalam kuah dan daging soto. Daging kelapa mudanya kenyal-kenyal di lidah. Sensasi tak biasa.

"Akan beda rasanya kalau dimasak dengan panci," ucap Rani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya