4 Kunci Memasak Daging Empuk dan Lezat

Rekor Muri Memasak Semur Daging Terbanyak.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Hari Raya Idul Fitri biasanya identik dengan ragam sajian makanan khas yang dikonsumsi bersama keluarga. Salah satu bahan makanan yang jarang absen dari meja makan di hari raya yaitu menu dengan bahan dasar daging.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Untuk membuat menu sajian berbahan dasar daging terasa nikmat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut tips membuat daging terasa lezat dan empuk dipaparkan oleh celebrity chef, Ari Galih, dalam peluncuran minuman soda Fayrouz, di kawasan Menteng, Jakarta, beberapa waktu lalu.

1. Kualitas daging

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Chef Ari menekankan pentingnya memilih kualitas daging yang baik. Semakin buruk kualitas suatu daging, akan berpengaruh pada rasa. Biasanya, daging yang kualitasnya buruk akan terjadi perubahan warna menjadi keungu-unguan.

2. Pentingnya marinasi

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Memasak daging secara praktis, sebaiknya tetap dimarinasi terlebih dahulu. Jika kesulitan membuat bumbu sendiri, bisa membeli bumbu instan dengan rasa yang diinginkan. Namun, jika memiliki bumbu olahan yang lebih lezat, bisa menggunakan bumbu tersebut.

3. Penyimpanan yang baik

Dikatakan oleh Chef Ari, penyimpanan daging usai dimarinasi harus dilakukan dengan tepat. Ia menyarankan penyimpanan di pendingin yang ditutup dengan plastik.

"Simpan di chiller dan ditutup dengan plastik. Kasih udara supaya enggak mudah berair. Maksimal dua hari, karena 3 hari sudah mengeluarkan cairan," ujar dia.

4. Soda

Pemakaian minuman bersoda untuk bahan marinasi daging, ternyata ampuh memberi efek daging yang lebih empuk. Menurut Chef Ari, taburan soda bisa diberikan sebelum daging disimpan di dalam pendingin.

"Supaya empuk, daging bisa diberi minuman bersoda. Poin lainnya, memasak enak itu kuncinya semua bahan sebaiknya fresh." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya