RESEP: Nikmatnya Ayam Betutu Khas Bali

Ayam Betutu khas Bali
Sumber :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

VIVA – Siapa tak kenal dengan hidangan khas Bali, Ayam Betutu. Menu ini, seringkali tersedia di banyak warung makan, juga restoran di Bali. Rasanya gurih diolah dengan bumbu khas Bali. Siapapun yang mencoba, dijamin pasti ketagihan.

KTT G20 Sukses: Indonesia di Puncak Dunia?

Diakui oleh Chef Gede Arcana dari Hard Rock Hotel Bali, menu ini memang menjadi ciri khas masakan di Bali. Tak hanya lezat, Ayam Betutu juga sering dijadikan menu sajen di acara-acara adat di Bali.

Penasaran bagaimana cara membuat menu lezat berbumbu kuning ini? Chef Gede Arcana, membocorkan resepnya untuk Anda.

Deret Makanan Khas Bali Kesukaan Sandiaga Uno, Unik Banget!

Ayam Betutu

Bahan:

5 Cara Membuat Tahu Crispy yang Renyah dan Gurih, Cocok untuk Camilan

Ayam 2,5 kg

Daun singkong rebus

Bumbu :

Serai 300 gram
Kunyit 300 gram
Bawang putih 200 gram
Jahe 150 gram
Terasi 40 gram
Kencur 100 gram
Ketumbar 50 gram
Lengkuas 50 gram
Kemiri 100 gram
Kapulaga 50 gram
Minyak kelapa 50 ml
Cabai 100 gram
Bawang merah 100 gram
Daun salam segar 30 gram
Lada putih bubuk 10 gram
Garam 10 gram

Proses bikin Ayam Betutu

Cara Membuat

1. Cuci bersih semua bahan, termasuk ayam bersihkan dengan air dingin dan keringkan. Kupas bumbu-bumbu dan potong-potong semua bumbu agar mudah dihaluskan

2. Haluskan semua bumbu, bisa menggunakan blender atau menggunakan lesung atau alu.

3. Setelah sehaluskan, masukkan semua bumbu ke dalam mangkuk. Tambahkan minyak kelapa, daun salam dan terasi lalu aduk bersama.

4. Bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan garam dan lada. Masukkan dalam wadah kedap udara atau kantong plastik untuk disimpan di lemari es

5. Ayam yang telah dibersihkan, lumuri dengan bumbu yang sudah dihaluskan, balur rata ke seluruh permukaan daging ayam dan campurkan dengan daun singkong agar ketika dimasak, ayam terasa lebih empuk

6. Setelah dibalur bumbu, bungkus ayam dengan daun pisang. Lalu kukus atau bisa juga dipanggang dalam oven pada 180 derajat celsius selama sekitar 1 jam atau sampai matang.

7. Sajikan.

Sambal matah Bali

Menu ayam betutu ini, bisa disantap dengan sayur kacang kalasan khas Bali dan sambal matah khas Bali. Sambal matahnya juga mudah untuk dibuat, hanya dari irisan cabai, irisan batang sereh, terasi, bawang merah, air jeruk limau, irisan daun jeruk. Semua dijadikan satu lalu diremas-remas dengan campuran minyak kelapa. Dijamin, rasanya bikin ketagihan. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya