Ke Bangka Belitung, Jangan Lupa Cicipi Berego

Berego, kuliner khas Belitung.
Sumber :
  • Instagram @ina_lie89

VIVA – Selama ini Bangka Belitung dikenal punya wisata alam yang luar biasa indah. Namun, tak hanya itu, kuliner di Negeri Laskar Pelangi ini juga enak-enak, lho.

Menikmati Mi Khas Belitung yang Bikin Ketagihan

Jelang Festival Tanjung Kelayang 2018 yang digelar mulai 15 hingga 19 November 2018 di Bangka Belitung, selain parade atau atraksi menarik, akan ada surga kuliner di sana.

Salah satunya adalah adanya pameran produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Festival Kuliner. Jika berkesempatan datang saat festival berlangsung, jangan lupa cicipi makanan khas Bangka Belitung, berego, seperti direkomendasikan oleh Kepala Dinas Pariwisata wilayah Belitung, Hermanto.

Otak-otak, Jajanan Populer di Bangka

"Salah satunya berego. Itu makanan dibikin dari tepung beras dengan tepung gandum, dicampur daging ikan, makan dengan kuah tertentu,” katanya saat ditemui baru-baru ini.

Dihimpun dari berbagai sumber, berego pada dasarnya merupakan sejenis lontong yang disiram dengan kuah santan berwarna kuning. Berego tidak terbuat dari nasi, melainkan dari tepung beras dan campuran sagu yang dikukus dalam bentuk gulungan.

Sedapnya Mi Kuah Ikan Legendaris Khas Bangka Selatan

Ya, tidak seperti lontong yang bulat dan padat, Berego berbentuk gulungan seperti roti gulung dan berwarna putih. Saat disajikan, Berego biasanya ditemani dengan kuah kari ikan. (mus)

Gangan Belitung

Segarnya Gangan Ikan Khas Belitung, Asam Pedasnya Nikmat Banget

Gangan, sup ikan kuah kuning.

img_title
VIVA.co.id
29 November 2018