Menikmati Mi Khas Belitung yang Bikin Ketagihan

Mi Belitung
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Kurang lengkap rasanya ketika berkunjung ke suatu daerah, tidak menikmati kuliner khas lokal. Rabu, 28 November 2018, VIVA berkesempatan mengeksplorasi Kepulauan Belitung selama tiga hari ke depan. Selain gangan, ternyata kuliner lokal yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Belitung adalah Mi Belitung. 

Ke Bangka Belitung, Jangan Lupa Cicipi Berego

Makanan ini sendiri merupakan mi kuning yang disajikan bersama tauge, tahu coklat, irisan telur, irisan mentimun, potongan kentang, dan beberapa ekor udang mini serta emping. Mi ini disiram dengan kuah kental yang berwarna kecokelatan. Sekilas, mirip mi celor, namun yang membedakan adalah jenis kuah yang berasal dari udang dan beberapa isian di dalamnya.

Selain itu, yang membuat mi ini begitu nikmat adalah kuahnya yang begitu kental. Rasa manis dan gurih begitu melekat ketika mencicipi Mi Belitung ini. Saking gurihnya, kuah ini membuat kami ingin menyeruput lagi dan lagi tanpa perlu memakan mie dan isian lainnya. Aroma daun salam pun begitu kuat tercium dari kuah tersebut. 

Otak-otak, Jajanan Populer di Bangka

Untuk tekstur minya sendiri, tingkat kekenyalannya begitu pas. Belum lagi udang mini dan irisan tahu cokelat, gurihnya kuah udang semakin membuat hidangan ini sangat lezat. 

Ketika dimakan, mi ini mengingatkan kami pada mi kuning yang disajikan di Pempek, manis, gurih, dan sedikit pedas. Mi Belitung sangat cocok dinikmati ketika makan siang atau saat hujan.

Sedapnya Mi Kuah Ikan Legendaris Khas Bangka Selatan

Mi Belitung bisa dengan mudah kita jumpai di kota ini, salah satunya berada di Rumah Makan Raja Seafood seperti yang kami cicipi. Di sini, Mi Belitung dijajakan dengan harga Rp18 ribu per porsinya.

Jika kalian berkunjung ke Belitung dan ingin mencoba Mi Belitung otentik, tidak ada salahnya untuk menocoba Mi Atep Belitung yang terletak di Jalan Sriwijaya, Tanjung Pandan. Mi Belitung Atep ini sudah berdiri lebih dari 30 tahunan. 

Gangan Belitung

Segarnya Gangan Ikan Khas Belitung, Asam Pedasnya Nikmat Banget

Gangan, sup ikan kuah kuning.

img_title
VIVA.co.id
29 November 2018