Cara Mudah Mengikis Kerak Membandel pada Wajan Gosong

Ilustrasi peralatan masak
Sumber :
  • Pixabay/Olaf Bröker

VIVA – Memasak bagi sebagian orang menjadi hal yang menyenangkan. Tapi terkadang menjadi menyebalkan terutama ketika harus mencuci wajan yang ada keraknya. Noda kerak ini pun biasanya muncul akibat makanan yang dimasak di dalam wajan atau panci gosong.

Motor Jarang Dicuci, Siap-siap Rugi!

Hal ini dapat membuat sisa makanan mengeras dan menempel di dasar wajan. Tentu saja tidak mudah menghilangkannya. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena ada tips yang akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Berikut tips dari Managing Director Kumala Kencana Cipta, Yenny Kusuma H.

Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan air panas. Anda cukup menaruh air di atas wajan dan masak kembali air tersebut hingga mendidih dan terdengar bunyi mendesis. Dari situ Anda bisa mengusapnya dengan spons.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

“Panaskan pakai air mendidih, nanti kerak itu akan mengelupas dengan sendirinya,” kata dia saat berbincang dengan VIVA di JIExpo Kemayoran, Kamis, 22 November 2018.

Anda juga bisa menggunakan air cuka. Yang perlu dilakukan adalah memanaskan wajan, lalu beri air cuka secukupnya. Biarkan selama beberapa menit lalu gunakan spatula berbahan kayu untuk mengikis area wajan yang gosong.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Dia pun menyarankan untuk tidak menggunakan sikat wajan karena akan mengikis permukaan wajan.

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024