Tips Agar Masakan Rumah Aman dari Kontaminasi Kuman dan Bakteri

Ilustrasi makanan/menghias makanan
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Menyiapkan makanan yang aman dan juga sehat sangat penting untuk dilakukan. Sayangnya, hal ini kerap dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal data World Health Organization menunjukkan bahwa 1 dari 10 orang di dunia jatuh sakit setiap tahun karena mengonsumsi makanan yang terkontaminasi.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Sebab itu, penting bagi keluarga, baik ayah dan juga ibu untuk selalu memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi keluarga aman dari kontaminasi bahan-bahan berbahaya.

Menurut dokter spesialis gizi klinis, dr Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK, ada tiga tahap penting yang mesti diperhatikan orangtua dalam menjaga keamanan pangan.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

"Upaya untuk menyajikan makanan yang aman dapat dilakukan ibu di rumah mulai dari pemilihan bahan pangan segar dan kemasan, penyimpanan pangan dan proses pengolahan," ucap Juwalita, dalam konferensi media bertajuk ‘Menu Aman Pilihan Ibu, Inspirasi Hidup Sehat Keluarga’, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Desember 2018.

Ia menjelaskan, beberapa faktor penting dalam memilih bahan yang segar dan sehat dimulai dari memperhatikan kondisi dan label pangan kemasan. Juwalita juga mengingatkan untuk memperhatikan tata cara menyimpan berbagai jenis pangan.

dr. Zaidul Akbar: Begini Cara Mengolah Daging yang Sehat

"Perhatikan juga kebersihan tangan dan alat masak untuk menghindari kontaminasi silang," kata dia.

Setelah itu, penting juga untuk memperhatikan nutrisi seimbang untuk anak yang terdiri dari makronutrien dan mikronutrien, seperti karbohidrat, protein hewani dan nabati, hingga sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. (ldp)

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024