Jangan Masak 4 Bahan Ini Dengan Wajan Besi

Ilustrasi memasak dan memanaskan makanan.
Sumber :
  • Pexels/Martin Lopez

VIVA – Saat ini memasak sudah semakin menyenangkan dan memudahkan. Hal ini karena bahan yang mudah didapatkan dan mulai banyaknya bumbu instan.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Namun, tidak sedikit orang yang merasa kesal ketika memasak bahan-bahan makanan tertentu, terutama ketika menggunakan wajan besi. Meski terkenal mudah lengket, tetapi wajan ini tetap menjadi primadona lantaran kemampuannya yang dapat memasak dengan suhu tinggi.

Untuk memudahkan Anda dalam menyelesaikan masalah tersebut. VIVA telah merangkum empat jenis makanan yang tidak boleh dimasak dengan wajan besi, seperti dilansir dari laman Reader’s Digest, Senin, 28 Januari 2019.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

1. Bahan-bahan yang berbau

Bawang putih, paprika, beberapa jenis ikan dan keju dan beberapa makanan pedas lainnya, cenderung meninggalkan aroma di wajan besi Anda. Sepuluh menit di dalam oven bersuhu 204 derajat celsius umumnya akan menghilangkan bau, tetapi yang terbaik adalah menghindari memasak bahan makanan tersebut dengan

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

2. Telur dan bahan lengket

Jika wajan besi Anda telah dilapisi, mungkin tidak akan ada masalah. Namun, ketika masih baru, meskipun wajan tersebut bermerek dan berkualitas tinggi, maka tetap berisiko terjadi lengket. Apalagi jika memasak bahan-bahan seperti telur dan saus.

Setelah wajan Anda dibumbui dengan baik, tidak ada masalah sama sekali. Tetapi ketika panci Anda masih baru, meskipun wajan itu bermerek, hal-hal yang lengket seperti telur masih dapat menimbulkan masalah.

3. Ikan dengan tekstur lembut

Ikan seperti salmon dan ikan dengan ukuran besar lainnya tidak cocok dimasak dengan menggunakan wajan seperti ini karena akan merusak penampilannya dan membuatnya sulit untuk diangkat dalam bentuk utuh karena daging dan kulitnya akan lengket pada wajan.

4. Sesuatu yang asam

Beberapa orang mengatakan bahwa tomat atau lemon dapat bereaksi dengan logam dan menyebabkannya larut ke dalam makanan dan merusak cita rasanya. Jika makanan yang mengandung asam merusak wajan besi, Anda dapat menggunakan soda kue untuk mengatasi masalah ini. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya