Kedua Acara Dapur Umami Goes To RPTRA Sukses Digelar di Jakarta

Edukasi dan demo masak Dapur Umami di RPTRA
Sumber :

Dalam upaya untuk terus berinovasi guna mendapatkan kesetiaan dan kepercayaan pelanggan, melalui sosialisasi keamanan MSG dan memberikan kreasi memasak menu umami yang enak dan menyehatkan, Dapur Umami dari PT Ajinomoto Indonesia baru-baru ini melakukan terobosan dengan membuat Event ‘Dapur Umami Goes To RPTRA’ (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak).

Program Beasiswa S2 ke Jepang Dibuka, Ini Syarat dan Pilihan Universitasnya 

Jika biasanya kegiatan Dapur Umami hanya dilakukan di studio memasak yang berlokasi di kantor pusat Ajinomoto, Sunter, kini Dapur Umami mencoba untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dari berbagai komunitas ibu-ibu dengan mendatangi beberapa RPTRA yang berada di Jakarta.

“Dapur Umami Goes To ini kami buat memang untuk menjangkau komunitas yang lebih banyak dan lebih luas, karena kan kalau hanya di Studio Dapur Umami saja kapasitasnya terbatas, hanya sekitar 50-60 orang,” ujar Harris Fadhillah, Section Manager Public Relations Ajinomoto.

Obesitas Sebabkan Banyak Penyakit, Ini 3 Faktor Pemicunya

Kegiatan Dapur Umami Goes To RPTRA ini telah berlangsung di 2 lokasi. Pada 12 Januari 2019, Tim Dapur Umami – Ajinomoto Indonesia menyambangi RPTRA Sukapura, Jakarta Utara, dan pada 26 Januari 2019, kegiatan Dapur Umami Goes To berlangsung di RPTRA Tunas Bangsa Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

Dalam setiap kegiatan Dapur Umami Goes To RPTRA, Tim Ajinomoto selalu bekerja sama dengan LPPOM MUI untuk turut menjelaskan perihal keamanan dan kehalalan pangan pada umumnya dan Monosodium Glutamat (MSG).

Gak Melulu Buruk, MSG Juga Punya Manfaat Ini

Direktur LPPOM MUI Jakarta, Ibu Osmena Gunawan, selalu hadir dalam setiap kegiatan tersebut dan tidak lupa menyuarakan agar konsumen maupun produsen memilih produk-produk dan bahan-bahan yang halal untuk dikonsumsi atau diproduksi.

“Produk yang halal itu sangat penting. Nah, mayoritas masyarakat sekarang ini belum memiliki kesadaran tentang pentingnya produk berlabel halal. Padahal, sangat penting baik bagi konsumen maupun produsen untuk memilih bahan-bahan yang halal,” tegas Ibu Osmena.

Menurutnya, saat ini banyak pelaku usaha yang belum mau untuk melakukan sertifikasi halal produk mereka karena menganggap apa yang mereka produksi sudah sepenuhnya halal.

Padahal, menurut beliau, mereka tidak paham standardisasi produk halal yang sebenarnya itu seperti apa.

“Misalnya, penjual bakso menggiling daging sapi di penggilingan umum, di pasar. Bisa jadi kan penggilingan itu juga dipakai untuk giling ayam tiren atau daging yang tidak halal. Akhirnya, daging sapi yang semula halal terkontaminasi dengan yang tidak halal. Oleh karena itu, sangat penting bagi pelaku usaha untuk sertifikasi halal, untuk meningkatkan nilai jual produknya juga,” ungkapnya.

Dalam rangkaian kegiatan Dapur Umami Goes To RPTRA, Tim Ajinomoto – Dapur Umami juga tidak lupa untuk menjelaskan tentang keamanan MSG, menampilkan demo masak kreasi menu umami, dan juga menyisipkan kampanye produk bumbu kaldu Masako, yakni ‘Ayo Makan Sayur’.

Pada kegiatan Dapur Umami Goes To RPTRA di Sukapura dan Pondok Ranggon, Ibu Hafizhah dan Ibu Eurli dari Consumer Food and Seasoning Dept turut menjelaskan tentang produk Masako® yang memiliki kemasan dan cita rasa yang diperbarui, sehingga Masako makin disukai.

“Ibu-ibu kini dapat membeli produk Masako dengan kemasan dan cita rasa baru, karena dibuat dengan daging ayam dan sapi berkualitas dengan kandungan ekstrak daging yang banyak, kaldu yang lebih lezat, dan diperkaya dengan rasa bumbu serta rasa gurih yang pas,” ungkap Ibu Eurli.

“Kami juga turut mendukung program pemerintah untuk membantu ibu-ibu Indonesia memasak makanan bernutrisi dengan gizi seimbang menggunakan sayuran, melalui kampanye terbaru kami yakni ‘Ayo Makan Sayur’ dan memberikan informasi menu aplikasi berbahan dasar berbagai jenis sayuran,” lanjutnya.

Secara keseluruhan, rangkaian kegiatan Dapur Umami Goes To RPTRA di 2 lokasi berlangsung meriah dan seluruh peserta sangat antusias mengikuti seluruh kegiatan tersebut.

Hal itu terlihat dari jumlah peserta yang hadir, yakni 170 peserta (di RPTRA Sukapura) dan 180 peserta (di RPTRA Pondok Ranggon), serta testimoni para peserta usai mengikuti rangkaian acara.

“Acara ini sangat bagus sekali ya, yang tadinya saya tidak mengerti apa manfaat dan yang terkandung dalam MSG dan bumbu Masako, alhamdulillah sekarang saya sudah paham dan memakai bumbu Masako. Harapannya, akan ada terus kegiatan yang seperti ini di banyak tempat, terima kasih,” ucap salah seorang peserta.

Kegiatan Dapur Umami Goes To RPTRA nantinya tidak akan berhenti di dua lokasi saja, karena setelah dua kali event diselenggarakan, banyak permintaan masuk untuk diadakan juga event Dapur Umami Goes To di RPTRA lain di Jakarta.

Lebih lanjut, sebagai bentuk kepedulian terhadap gizi seimbang, PT Ajinomoto Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam Hari Gizi Nasional 2019.

Hal ini ditunjukkan melalui peran serta PT Ajinomoto Indonesia dalam mendukung program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, yakni peningkatan keluarga sadar gizi untuk Indonesia sehat dan produktif, serta program Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, yakni peningkatan konsumsi ikan di Indonesia, melalui kampanye nasional ‘Gemar Makan Ikan’, dengan menampilkan demo masak kreasi menu umami dengan bahan dasar ikan dan sayuran.

“Dengan berpartisipasi pada kegiatan Hari Gizi Nasional yang diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Ajinomoto ingin membagikan kreasi menu bergizi dari Dapur Umami, yang tidak hanya kaya dengan cita rasa umami, namun juga memberi asupan gizi yang baik,” ujar Muhammad Fachrurozy, Public Relations Departemen Manager dari PT Ajinomoto Indonesia.

Demo masak tersebut dipandu oleh Chef Adam dari Dapur Umami dan disaksikan oleh puluhan peserta dari lingkungan karyawan Kemenkes – KKP RI dan juga anak-anak sekolah dasar yang juga mengikuti ‘Lomba Isi Piringku’ yang diinisiasi oleh Kemenkes RI.

Chef Adam mendemonstrasikan 3 kreasi menu umami, yakni Sandwhich Ikan Dori, Sup Belimbing Wuluh, dan DimSum Ikan Dori.

Para peserta dari anak-anak sekolah dasar yang juga mengikuti ‘Lomba Isi Piringku’ dengan antusias turut membantu Chef Adam dalam proses pembuatan ketiga kreasi menu tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya