Dosa Besar Memasak Pasta, Menggunakan Saus Berlebihan

Pasta/fettuccine.
Sumber :
  • Pixabay/Engin_Akyurt

VIVA – Pasta menjadi salah satu kuliner Barat yang cukup mudah dan cepat dibuat. Anda cukup merebusnya di dalam air mendidih selama kurang lebih delapan menit. Setelah itu masukkan, saus pasta ke atas wajan dan masak bersama dengan pasta yang telah matang.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Namun, sayangnya, tidak semua pasta yang kita buat di rumah bisa memiliki rasa yang enak layaknya di restoran. Menurut pembuat pasta kenamaan Italia, ternyata hal itu lantaran adanya beberapa kesalahan besar ketika membuatnya.

Giovanni Rana, juru masak Italia yang telah memasak pasta sejak 1960-an dan telah bekerja sama dengan menantunya, Antonella Rana pun berbagi rahasia kelezatan pasta buatan mereka. Kesalahan pertama yang harus diperbaiki adalah tentang porsi saus yang Anda gunakan saat memasak pasta.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Sebagian besar orang akan menambahkan satu botol saus atau menggunakan banyak saus. Padahal menurut keduanya, Anda hanya perlu menggunakan sedikit saus.

"Ketika Anda memiliki pasta segar, Anda hanya perlu menambahkan  minyak zaitun extra virgin dan taburan Parmigiana Reggiano. Jika Anda ingin  meningkatkan rasanya, gunakan saja saus, tetapi hanya sesendok kecil," kata Antonella, dikutip dari laman Mirror, Selasa, 23 April 2019.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Spaghetti.

Bagi orang Italia, proporsi adalah salah satu kunci kelezatan pasta. Itulah sebabnya, Antonella meminta Anda untuk tidak menggunakan saus pasta secara berlebihan.

"Karena orang Italia, kami mencoba untuk tidak terlalu banyak menutupi pasta dengan saus. Secara umum, cara paling tradisional untuk makan pasta segar adalah dengan sangat menghormati proporsi. Pasta adalah ratunya dan saus adalah pelengkapnya," ucap dia.

Bukan hanya soal saus, Antonella juga mengatakan ada kesalahpahaman umum tentang pasta al dente. Dia mengklaim bahwa orang-orang di selatan Italia menyukai pasta yang tidak terlalu matang, sedangkan mereka yang di utara lebih suka pasta dengan tekstur yang lebih lembut.

Mereka mengatakan, cara terbaik untuk memasak pasta hingga mencapai kualitas al dente adalah dengan mengikuti saran dan langkah yang telah ada di dalam bungkusnya. Mudah bukan?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya