Begini Cara Masak Mi Ramyun yang Benar

Mi ramyun
Sumber :
  • VIVA.co.id/Shally Syartiqa

VIVA – Siapa yang tak kenal mi instan? Salah satu mi instan yang tengah menjadi idola adalah mi Ramyun. Mie yang identik dengan negara Korea ini menjadi mi paling dicari dan menjadi favorit di seluruh dunia.

Pencinta Drakor Merapat, Dokter Zaidul Akbar Sebut Kimchi Sangat Baik Buat Kesehatan

Khusus pecinta mi di Tanah Air, kini Anda sudah bisa membuat mi ramyun khas Korea di rumah.  Tips pemilihan bahan pelengkap dan cara pembuatan mi ramyun yang benar dan lezat diberikan langsung oleh salah satu chef Ibu Kota, Octa Octavianus Ary.

"Sebenarnya prinsipnya sama. Makan mi itu kita mau pleasure bukan hanya sekadar kenyang, ada seninya.  Kita mau makan mi itu, satu kalau masak mi yang kuah terpisah atau masaknya terpisah itu rasanya akan berbeda, kayak kurang gurih kita sebutnya umami taste-nya," kata Chef Octa Octavianus Ary saat dijumpai di peluncuran Nongshim Farmer's Heart 'Mie Halal dengan Cita Rasa Otentik Korea' di Fairmont Hotel, Jakarta,  Senin, 29 April 2019.

Deretan Makanan Korea Populer di Indonesia, Ada Favorit Kamu?

Menurut dia, masak mie harus satu style.  “Kalau saya pribadi sukanya Korean style. Kalau Korean style itu mereka makan panas-panas masih mendidih mereka terus makan gitu itu adalah seni makan yang sebenarnya, dicampur. Agak sedikit mengental," kata Octa. 

Octa mengatakan, ada beberapa bahan yang 'wajib' dicampurkan saat membuat ramyun.  "Cheese itu adalah tren. Paling umum adalah daun bawang, cabai, bawang putih, daging, kimchi, telur, potongan cabai atau bubuk cabai," katanya. 

Sandwich Populer di Drakor My Roomate is A Gumiho Kini Hadir di Indonesia

Seperti dikatahui,  mi ramyun identik dengan keju yang meleleh di atas mi. Bagaimana penyajian keju yang baik?

"Keju itu adalah tren, itu tergantung kejunya,  tidak perlu dimasak diawal kejunya,  di tengah-tengah kita masak,  jika tercampur akan beda rasanya. Lebih baik letakkan keju di akhir masak,  sebab mi itu kan panas ya," kata Octa. 

"Keju mozarella,  cheddar itu gampang meleleh,  jadi cukup taruh di atasnya saja dia (keju) akan lumer,  jadi akan terasa kejunya. Memasaknya lima menit," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya