Deretan Makanan Korea Populer di Indonesia, Ada Favorit Kamu?

Odeng
Sumber :

VIVA Kuliner – Makanan Korea, saat ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Budaya Korea memang telah mencuri hati banyak masyarakat, misalnya dari segi seni K-Pop dan K-Drama serta kuliner juga tak ketinggalan. Makanan-makanan Korea sering muncul di drama atau film, sehingga tak jarang membuat masyarakat Indonesia tertarik untuk mencicipinya. 

Media Asing Sorot Aksi Joget Ernando Ari di Depan Pemain Korea Selatan: Mengejek

Dari banyaknya makanan Korea, ternyata ada beberapa yang fenomenal dan terkenal di Indonesia. Makanan-makanan tersebut saat ini sudah menjamur khususnya di kota-kota besar. Apa saja? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut informasinya. Yuk, scroll.

Kimchi

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Kimchi

Photo :
  • Pixabay

Kimchi menjadi makanan tradisional Korea yang sekarang sudah terkenal di banyak negara khususnya Indonesia. Kimchi terbuat dari sayuran yang biasanya adalah sawi putih dan lobak yang kemudian difermentasi dengan diberi bumbu, salah satunya adalah bumbu pedas. Kimchi didiamkan terlebih dahulu selama beberapa hari sebelum bisa dimakan. Rasanya yang pedas segar seperti asinan cocok di banyak lidah masyarakat Indonesia.

Viral, Ekspresi Bung Towel Pas Indonesia Gilas Korea Selatan di Piala Asia U-23

Tteokbokki

Tteokbokki

Photo :
  • VIVA/Tasya Paramitha

Tteokbokki merupakan makanan Korea yang berbahan dasar kue beras. Pertama, kue beras direbus hingga menjadi kenyal dan empuk lalu kemudian dimasak dengan menggunakan saus dan bumbu khas Korea dengan cita rasa pedas manis. Tteokbokki biasanya banyak dikonsumsi generasi muda yang kerap menonton drama Korea atau menyukai kebudayaan Korea.

Kimbap

Kimbap, kuliner Korea.

Photo :
  • Pixabay

Kimbap dibuat dari bahan dasar nasi yang kemudian digulung menggunakan rumput laut kering. Gulungan nasi dan rumput laut kering itu diisi dengan berbagai macam sayuran seperti wortel, timun, dan lainnya. Kemudian diisi juga dengan telur atau daging. Sekilas, kimbap mirip dengan makanan dari Jepang, sushi.

Odeng

Odeng

Photo :

Odeng merupakan makanan atau camilan khas Korea yang dibuat dengan bahan dasar ikan. Adonan odeng biasanya dibuat tipis lalu kemudian ditusuk seperti sate. Cara memasaknya adalah direbus lalu disajikan dengan kuah kaldu gurih atau kuah pedas. 

Ramyeon

Ramyeon

Photo :
  • norecipes.com

Ramyeon (Ramyun) atau mi instan khas Korea sering muncul dalam drama Korea. Diketahui, sama seperti Indonesia, masyarakat Korea juga gemar makan mi. Ramyeon memiliki tekstur mi yang lebih besar dari mi-mi yang ada di Indonesia. Ramyeon memiliki banyak cita rasa dan bumbu yang bisa ditemukan di toko-toko Indonesia. 

Sebagai informasi, Nongshim baru saja mengeluarkan Shin Ramyun Stir Fry, varian Ramyun tanpa kuah dengan rasa pedas dan gurih. Choi Hyung Taek, Presiden Direktur Korin Hub selaku importir produk Nongshim Korea, menyampaikan bahwa awal tahun 2023 ini Korin Hub telah mendatangkan produk Shin Ramyun Stir Fry tersebut ke Indonesia. Saat ini, produk tersebut sudah dapat ditemukan di minimarket.

Shin Ramyun Stir Fry merupakan bentuk mi goreng dari Shin Ramyun, yang merupakan merek ramyun nomor satu di Korea. Minya yang kenyal, dipadukan dengan bumbu dan minyak cabai yang pedas dan gurih serta dilengkapi topping jamur shiitake dan kue ikan yang dicap dengan logo Shin. 

“Sensasi pedasnya, gurihnya bisa dibilang beda dari yang lain ya. Bikin enjoy dan bukan pedas yang Stir mengganggu. Dan yang terpenting Shin Ramyun Stir Fry ini sudah berlogo Halal MUI” tuturnya.

Sebagai tambahan beliau mengumumkan bahwa Nongshim dan Korin Hub akan mengadakan acara yang bertajuk FuntaSHIN Festival untuk merayakan peluncuran produk Shin Ramyun Stir Fry.

Acara tersebut akan diselenggarakan di Main Atrium, LOTTE Avenue pada 25 dan 26 Februari 2023 mulai pukul 10.00 WIB. Mulai 22 Februari 2023, juga telah dibuka pop-up store dengan nama Rumah Nongshim di LOTTE Alley (LG Floor), LOTTE Avenue.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya