Heboh Roti Sourdough Haram, Begini Faktanya

Ilustrasi roti sourdough.
Sumber :
  • Pixabay/dolfinmagikpro

VIVA – Roti sourdough sedang ramai diperbincangkan di media sosial. Hal ini menyusul perdebatan isu halal-haramnya roti tersebut.

Sempat Diragukan Karena Mengandung Alkohol, Minuman Fermentasi Kombucha Kantongi Sertifikat Halal

Sourdough merupakan adonan roti yang difermentasi secara alami. Metode fermentasi alami ini melibatkan ragi dan asam laktat yang terbentuk secara alami dari lingkungan tempat adonan awal atau yang biasa disebut starter difermentasi.

Isu haram roti sourdough ini berasal dari penggunaan ragi alami yang menjadi bahan baku pembuatan roti sourdough. Banyak yang menyangsikan status halal dari ragi ini karena memiliki kandungan alkohol.

Pencinta Drakor Merapat, Dokter Zaidul Akbar Sebut Kimchi Sangat Baik Buat Kesehatan

Baca juga: 5 Makanan Fermentasi Ini Ampuh Turunkan Berat Badan

Namun, salah satu pastry chef Yohanes Adhijaya angkat bicara tentang isu haram dari roti sourdough. Melalui unggahannya di Instagram, Chef Yohanes memberikan penjelasannya.

Perhiasan Pertama di Dunia yang Dibuat dari Kristalisasi MSG

"Katanya sourdough yang dibuat dari ragi atau water yeast yang sering saya buat dan ajarin itu gak halal, karena buah yang difermentasi lebih dari 3 hari akan menghasilkan alkohol seperti ethanol lebih dari 0,5%," tulis dia.

Dia melanjutkan, air fermentasi buah dalam 3-6 hari memang bisa menghasilkan alkohol dan mengandung ethanol mencapai 3 persen atau lebih tergantung dari jenis buah yang digunakan.

"Namun pertanyaannya apakah memabukkan? Diminum airnya? Enggak juga kan...," jelas dia.

Yohanes juga mengunggah sebuah artikel yang menyebut bahwa hukum halal-haram tidak berkaitan dengan keberadaan senyawa alkoholnya. Melainkan sifat atau efek khamr alias efek memabukkannya. Dalam artikel itu, Yohannes juga menggaris bawahi terkait dengan kandungan alkohol alami dalam berbagai buah. 

Dalam artikel tersebut dijelaskan, proses fermentasi pada buah seperti durian, cempedak, sirsak dan nangka juga menghasilkan alkohol di atas 3 persen. Namun, ternyata buah-buahan ini termasuk halal dan aman dikonsumsi tanpa menyebabkan efek mabuk.

Dalam artikel itu juga menyebut bahwa buah yang sangat masak atau matang dan jatuh dari pohon bisa mengandung ethanol atau ethyl alcohol 4,5 persen.

"Guys semua buah yang matang akan secara alami mengalami fermentasi dan secara alami menghasilkan alkohol. Kita makan-makan aja dan gak apa-apa selama itu tidak memabukkan. Gitu juga dengan air fermentasi buah yang jadi salah satu cara untuk membuat sourdough," tulis Yohanes. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya