Resep Bongko Kopyor, Paduan Kelapa Muda dan Aroma Pandan Segar

Bongko kopyor.
Bongko kopyor.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Bongko kopyor merupakan salah satu sajian khas Kota Gresik, Jawa Timur. Menu satu ini sudah termasuk sulit ditemukan, padahal rasanya yang menyegarkan dengan campuran pisang kepok dan kelapa muda, kerap menggugah selera.

Makanan ringan ini biasanya ditemukan saat Ramadhan tiba. Selain segar, rasa manisnya dianggap pas sebagai pelepas dahaga usai berpuasa. Sayang, di hari-hari lain, menu ini sangat sulit ditemukan.

Nah, enggak ada salahnya untuk mencoba membuat menu satu ini agar bisa dicicipi bareng keluarga. Apalagi, bahannya cukup mudah ditemukan, salah satunya dengan susu segar olahan.

Bicara mengenai produk susu dan produk olahan susu, Greenfields meluncurkan kemasan baru untuk seluruh rangkaian produknya. Kemasannya terlihat lebih minimalis, dengan menampilkan rangkaian warna yang banyak mengedepankan warna lembut dan menenangkan yang sangat sesuai untuk pribadi modern dan urban.

"Kemasan baru Greenfields menempatkan logo secara diagonal dengan ukuran lebih besar dan bold, mendominasi bidang utama kemasan,” jelas Syahbantha Sembiring, Country Head Marketing and Sales, PT Greenfields Dairy Indonesia.

Tunggu apa lagi? Yuk, kita buat resep bongko kopyor dikutip dari keterangan tertulis Greenfields, Selasa, 26 Januari 2021.

Bongko Kopyor

Bahan isi

-4 buah pisang kepok matang, diiris
-100 gr kelapa muda/degan
-4 lembar roti tawar, dipotong ukuran 1 cm
-200 gr sagu mutiara, direbus

Bahan kuah

-4 sdm gula pasir
-500 ml susu
-1 lembar daun pandan, diiris
-Garam secukupnya

Cara membuat

1. Masukkan susu, gula pasir, garam dan daun pandan ke dalam panci, kemudian masak hingga mendidih dan angkat.

2. Masukkan sagu mutiara yang telah direbus, potongan roti tawar, kelapa muda / degan, dan irisan pisang kepok ke dalam wadah tahan panas.

3. Tambahkan kuah susu.

4. Kukus selama 15 menit hingga matang.

Mudah, kan? Dijamin pasti semua anggota keluarga ketagihan. Selamat mencoba!