Resep Susu Kunyit, Ampuh Atasi Batuk Pilek Si Kecil

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Kunyit merupakan salah satu tanaman yang kerap digunakan untuk beragam sajian di Nusantara. Tak hanya menambah kekayaan rasa dalam makanan, kunyit juga memiliki khasiat tersembunyi yang mampu menjaga kesehatan tubuh.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Warna khas dari tanaman ini biasanya digunakan sebagai pewarna alami pada banyak menu makanan. Tak hanya itu, rasanya yang khas membuat rempah ini selalu menjadi primadona. Khasiatnya pun tak kalah menakjubkan.

Dikatakan Ahli Herbal, Dr. (Cand) dr. Inggrid Tania, MSi, dalam acara Hidup Sehat, tvOne, baru-baru ini, kunyit bersifat sebagai imunodulator. Artinya, herbal ini mampu menambah kekebalan tubuh, baik itu saat sedang menurun atau ketika masih bugar.

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

"Kunyit bersifat imunodulator bisa bantu redakan batuk pilek dan demam. Khasiat lain, untuk tambah stamina. Kita bisa setiap hari konsumsinya," ujar Inggrid.

Hanya saja, olahan kunyit pada minuman kerap memberi rasa yang kurang menggugah di lidah. Hal itu membuat anak-anak enggan mengonsumsi minuman olahan kunyit. Lantas, bagaimana triknya ya?

Resep Menu Sehat dan Mudah untuk Halal Bihalal: Sajikan Hidangan yang Berkesan

"Tambahkan susu, jadi resep ini bisa untuk balita. Enak rasanya jadi baik untuk anak-anak," ungkapnya lagi.

Yuk, kita lihat resep susu kunyit untuk si kecil. Berikut bahan dan cara membuatnya.

Susu Kunyit

Bahan

-1 cangkir susu
-1/8 sdt bubuk kunyit
-1/4 sdt lada bubuk (membantu dalam hal ekspektorasi atau encerkan dahak)
-1 sdm madu

Cara membuat

1. Rebus susu hingga mendidih. Tuang ke gelas, campur dengan kunyit dan lada, aduk. Campur dengan madu untuk menambah rasa manis.

"Batuk dan pilek obat paling utama adalah istirahat. Makan cukup gizi lengkap dan bisa dibantu dengan resep herbal ini," tutup Inggrid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya