5 Makanan Legendaris Khas Jakarta

Soto Betawi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA –  Sebagai ibu kota negara Indonesia, Jakarta menyimpan banyak kuliner legendaris, dari mulai makanan tradisional dengan resep turun temurun hingga cita rasa otentik.

Melihat Menu Khas Jerman yang Menggoda Selera di Oktobeerfeast 2023

Karena itulah hanya ada beberapa tempat makan yang bisa bertahan hingga detik ini. Tidak salah pula, jika sudah sukses bertahan lebih dari tiga dekade, sebutan tempat makan legendaris di Jakarta layak disematkan.

Berikut beberapa informasi tentang 5 makanan legendaris khas Jakarta, seperti dikutip dari beberapa sumber.

Pindang Tetel, Kuliner Khas Pekalongan yang Menggugah Selera

1. Laksa Betawi Asirot.

bagi yang suka berkuah-kuah laksa betawi Asirot merupakan pilihan yang tepat untuk makanan legendari yang satu ini. Kualitas yang terjaga membuat kuliner ini bisa bertahan di jajaran atas sejak tahun 1978.

Sajikan 15 Ribu Porsi Nasi Kikil, Jombang Pecahkan Rekor MURI

Kuah laksa dengan rasa rempah khas indonesia, terdiri dari gabungan seperti lengkuas, jahe, kunyit, biji pala, jinten, lada, serai, kemiri, daun jeruk, daun salam, ketumbar serta rebon memberikan cita rasa yang khas.

Apalagi tambahan santan memunculkan sensasi gurih yang mengesankan, yang berlokasi di Jl. Assirot No.1, RT.01/RW.3, Sukabumi Sel, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

2. Gabus Pucung

Gabus Pucung merupakan salah satu makanan legendaris dari betawi, seiring berkembangnya Ibu Kota Jakarta, makanan yang satu ini pun sudah tertinggal, namun kuliner Gabus Pucung bisa ditemui di beberapa pinggiran Jakarta, seperti Bekasi, Depok, dan Tangerang.

Kuliner Gabus pucung sendiri berawal dari ketidakmampuan masyarakat untuk membeli ikan pada zaman kolonial Belanda, yang pada saat itu terbilang sangat maha.

3. Soto Betawi H. Ma'ruf

Soto betawi H. Ma'ruf yang sudah buka sejak 1940, dan rasanya pun tidak berubah, sebelum memiliki tempat seperti sekarang, Soto Betawi H. Ma'ruf dulunya berjualan keliling.

Soto betawi yang disajikan satu ini memiliki citarasa tersendiri, kuah yang lebih berwarna gelap dan isinya berbagai macam-macam isinya, seperti, kikil. babat, daging, hingga paru, jika anda ingin merasakan Soto Betawi H, Ma'ruf, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 40.000. lokasi di Jl Pramuka No. 64, Cikini.

4. Gado-Gado Bonbin

Jika kamu pecinta gado-gado, kamu harus coba gado-gado yang satu ini, makanan khas Jakarta ini yang terletak di Jl Cikini IV No. 5, Mentang, meskipun tempatnya sederhana, namun memiliki rasa yang sangat istimewa.

yang beroperasi setiap hari dari mulai jam 10 pagi hingga jam 05 sore, gado-gado ini sudah ada sejak 1960 dan rasanya pun tidak berubah sama sekali, hanya ditambah beberapa toping seperti rendang dan telor.

5. Pecak Ikan Babeh Sadeli

Rumah makan betawi babeh sadeli ini salah satu warung makan betawi yang harus banget dicoba karena disini makanan yang jadi favoritnya itu pecaknya. jarang banget resto betawi yang punya beragam pecak kaya disini. tempatnya juga luas banget, ada indoor dan outdoor.

Ikannya yang besar kemudian disiram sambal pecak dengan bawang dan cabe yang pedas, kalian bisa milik ikan sesuai keinginan, yang berlokasi di Jl. Jombang Raya No. 104, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya