Cara Membuat Burger yang Sempurna di Rumah

ilustrasi burger.
Sumber :
  • Instagram @burgerking.id

VIVA – Cara membuat burger tidaklah mudah, dan bisa dikombinasikan sesuai variasi yang Anda inginkan. Burger adalah hidangan yang ideal. Bicara rasio harga dan kualitasnya bisa dibilang luar biasa, kandungan lemaknya mudah dikontrol, dan dimasak dengan cepat dan mudah. 

Selamat Tinggal! Carl's Jr Umumkan Tutup Seluruh Gerai di Indonesia per 31 Desember 2023

Cara membuat burger bisa Anda gunakan berbagai jenis daging fresh serta rempah-rempah. Kudapan satu ini dapat disimpan di freezer dalam paket yang nyaman. Variasinya tidak ada habisnya. Di rumah, burger selalu dinggap sebagai makanan yang hampir sempurna.

Burger.

Photo :
  • Pexels/Flickr
5 Jenis Makanan di Restoran Cepat Saji yang Berisiko Ganggu Kesehatan Tubuh

Sebelum Anda mempraktikkan cara membuat burger, maka simak beberapa tips burger ini.  Dalam membuat burger, sebaiknya Anda mencampur bumbu dan penyedap sedikit ke dalam daging dengan garpu, menjaga campurannya tetap ringan dan longgar. 

Jika Anda terbiasa dengan pengolah makanan, pencampuran terkontrol ini dapat dilakukan dengan beberapa putaran motor hidup/mati cepat. Jangan diolah berlebihan.

Ayu Ting Ting Nangis Cerita Perjuangan Umi Kalsum, Jatuh dari Kereta hingga Susah Beli Burger

Kebanyakan orang akan setuju, bahwa burger adalah makanan ringan tingkat atas di seluruh dunia. Kombinasi rasa dari patty yang berair hingga sausnya membuat semuanya menyatu dengan indah.

Ya, burger luar biasa tetapi tidak semuanya terasa enak. Ini mungkin terlihat seperti camilan sederhana untuk disiapkan di mana Anda hanya menumpuk bahan-bahannya, tetapi itu belum tentu benar. Untuk membuat burger yang sempurna, Anda harus memerhatikan detailnya. 

Ilustrasi burger.

Photo :
  • Pixabay/Engin_Akyurt

Inilah cara Anda bisa membuat burger impian Anda:

Bahan-bahan yang Anda perlukan untuk menyiapkan burger 

Apa yang Anda butuhkan?

Bahan-bahan burger

Photo :

Salah satu rahasia burger yang luar biasa adalah bahan yang tepat. Untuk memastikan Anda mendapatkannya, inilah yang Anda perlukan burger patty (atau roti daging cincang buatan sendiri), roti hamburger (putih atau coklat), bawang putih (bawang merah terlalu kuat), tomat, selada, irisan keju cheddar, bumbu dan saus (saus tomat, mustard, saus cabai, dan mayo akan lebih enak).

Persiapan

Bahan burger

Photo :

1. Mulailah dengan menyiapkan patty burger Anda. Jika agak beku atau terlalu dingin, biarkan hangat beberapa saat sehingga Anda tidak berakhir dengan burger kering. Taburkan kedua sisi patty Anda dan di sekitar tepinya dengan garam dan merica secukupnya atau bumbu lain yang mungkin Anda suka.

2. Selanjutnya, potong bawang putih Anda secara horizontal, untuk mendapatkan cincin yang tebal. Bumbui sedikit dengan garam dan bumbu lain pilihan Anda. Setelah selesai, potong roti menjadi dua bagian, secara horizontal.

3. Siapkan wajan Anda dengan minyak yang cukup dan biarkan panas selama beberapa menit dengan api sedang, berhati-hatilah agar minyak tidak terlalu panas. Wajan anti lengket akan lebih baik di sini untuk mencegah patty Anda lengket atau pecah.

4. Tempatkan patty di atas wajan bersama dengan bawang. Sisihkan waktu yang cukup untuk menggoreng patty saat Anda membiarkan bawang menjadi karamel selama beberapa menit. Jika Anda memiliki cukup ruang di wajan, Anda dapat meletakkan roti untuk memanggangnya di kedua sisi hanya beberapa menit, lalu keluarkan.

5. Sementara itu Anda bisa mengiris tomat secara horizontal, pastikan irisannya tidak terlalu tipis atau terlalu tebal. Selanjutnya, campur saus Anda bersama-sama ke dalam mangkuk agar rasa menyatu secara merata.

Burger keju

Photo :

6. Setelah bawang matang, angkat dan tiriskan minyak berlebih di atas tisu.

7. Setelah Anda yakin satu sisi burger sudah siap, balikkan di sisi lain untuk dimasak. Anda kemudian dapat mengambil sepotong keju cheddar dan meletakkannya di atas roti. Trik sederhana untuk membuatnya meleleh adalah dengan meletakkan panci atau wajan lain di atas patty selama beberapa menit sambil memberi waktu pada sisi lain patty untuk bersiap-siap.

8. Anda akan mulai dengan mengoleskan saus dalam jumlah banyak di kedua bagian roti Anda. Selanjutnya, letakkan daun selada dan jika terlalu besar, pecahkan terlebih dahulu.

9. Setelah selesai, tempatkan irisan tomat, bumbui dengan sedikit garam dan bumbu dan oleskan lebih banyak saus Anda.

10. Lapisan berikutnya adalah patty Anda, lalu bawang bombay dan akhirnya bagian atas roti Anda.

11. Anda sekarang dapat menikmati burger sederhana namun lezat ini!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya